Roasted Chicken Recipe

Sesungguhnya ini adalah percobaan perdana gue bikin Roasted Chicken alias ayam panggang. Hasilnya? Mayan sukses lah, cuma kelamaan dikit masaknya, jadi agak kurang juicy daging ayamnya. Tapi gak kering banget sih, masih moist dan yang jelas daging ayamnya lembut. Ini resep orang males sesungguhnya, karena persiapannya gak banyak, dan masaknya tinggal dimasukin ke oven aja sik. Bumbu yang dipake bisa dimodif sendiri sesuai selera, tapi ini resep ala-ala gue….

Bahan :

  • 1 ekor ayam organik, bersihkan
  • daun rosemary & thyme segar atau kering
  • butter
  • kentang, potong besar
  • wortel, potong besar
  • bawang putih
  • bawang bombay setengah
  • lemon
  • garam & lada hitam kasar
  • olive oil

Cara masak :

  • Panasin over dengan suhu kurang lebih 250 derajat Celsius
  • Ayam cuci bersih, lalu dibumbui dengan olive oil, garam dan lada hitam kasar, bawang putih plus kasih peresan jeruk lemon juga supaya ayamnya gak bau anyir. pastiin bumbunya rata di seluruh permukaan ayam. Di dalem ayamnya masukin bawang putih yang udah dikeprek, rosemary dan thyme sama bekas lemon yang dipake buat bumbuin ayam tadi. Kenapa di dalem? supaya aroma herbs nya juga meresap dari dalam si ayam.
  • di tray untuk manggang, susun bawang bombay, lemon iris dan bawang putih, Ayamnya ditaro pas di atasnya. Nah, trik gue tadi adalah, masukin butter yang udah dipotong kecil2 ke bawah kulit ayam. Butter ini akan bikin ayamnya jadi makin gurih dan enak rasanya. Karena gue fanatik butter, jadi td banyak sih pake butternya. hahahhaha. Nah, skrg ayamnya masukin ke oven. Panggang selama kurang lebih 1 jam 20 menit. diliat terus aja sih, pastiin daging dalemnya udah mateng ya.
  • wortel sama kentang yang udah dipotong2 tadi, dimasukin pas waktu masak ayamnya kurleb tinggal 45 menit lagi. Jadi jangan dari awal masak ayam udah dimasukin sayurnya, nanti akan jd terlalu mateng dan kering.
  • Begitu ayam mateng, keluarin dari oven, diemin dulu selama kurleb 15 menit sebelum dipotong. Bagusnya pas resting gini, ayamnya ditutupin pake aluminium foil. Lewat 15 menit, mulai deh bisa dipotong.
  • Selamat mamam 🙂

20140318-222927.jpg

Advertisements