FLIP Burger

Pertanyaan yang banyak diajukan ke Afit, Agam & gue pas di opening FLIP Burger 17 Agustus 2016 lalu adalah :

Kenapa Burger?

Ya kenapa enggak? Sebetulnya niatan bikin tempat jualan burger ini udah digodok sama Afit dan Agam kurang lebih sejak 2 tahun lalu. Lama ye? Nah tapi burger yang kaya apa sih? Kan burger juga bukan makanan baru. Yang jualan juga banyak. Jadi apa selling point FLIP?


Coba diamati deh. Selama ini burger yang sudah ada di pasaran tuh gimana sih? Yang harganya terjangkau biasanya ya dibuat dengan bahan baku yang sudah beredar di pasaran. Dagingnya ya biasanya pasti pakai yang frozen, burger bun nya juga pakai yang produksi masal. Tinggal bisa-bisanya si penjual mencari kekhasan dari burger miliknya supaya beda dari yang lain.

Ada juga burger yang kastanya tinggi. Patty nya dibuat dari daging berkualitas tinggi, burger bun nya pun dibuat khusus, sayuran yang melengkapi burgernya pun biasanya mahal. Secara tampilan pokoknya cantik banget lah. Harganya tentu saja lebih tinggi dibanding burger pada umumnya.

Afit dan Agam mengambil jalan tengahnya. Kenapa juga gak bikin burger yang serius tapi harganya lebih terjangkau. Artian serius di sini adalah :

  • Beef patty nya dibuat sendiri dengan menggunakan daging segar. Tidak menggunakan patty yang sudah jadi & frozen. Hal ini bisa dibuktikan saat kamu mengigit burgernya, daging tersebut akan langsung ‘mencar’ di dalam mulut. Karena FLIP memang tidak menggunakan jenis pengikat apapun dan tidak menggunakan bahan pengawet. Oh dan informasi penting nih, bahwa semua daging sapi dan bahan baku yang digunakan di FLIP Burger insyaAllah HALAL.
  • Freshly baked burger buns! Selain dagingnya yang segar, rotinya pun kita buat sesegar mungkin. Gak sembarang roti juga, tapi dibuat dengan resep khusus hanya untuk FLIP. Pada gigitan pertama, kamu bisa merasakan keempukan roti yang langsung mengantarkan sedikit rasa manis dan buttery ke lidah kamu. Kita mikirin banget juga nih gimana caranya bikin roti yang formulasinya pas supaya pas kena beef patty, rotinya gak jd benyek karena menyerap minyak.
  • Caramalized Onions. Ini juga salah satu faktor KOENTJI di FLIP! Bawang bombay itu menurut kita sih sebetulnya enak banget mau dimakan mentah juga. Makanya ada juga yang menyajikan burger dengan irisan bawang bombay mentah di salah satu lapisannya. Tapi rasa bawang bombay mentah itu untuk beberapa orang terlalu kuat, makanya dibuat caramelized aja. Jadi ada rasa manis gurihnya gitu.
  • Sayur. Hah? sayur? Ini dia nih. Mungkin yang bikin FLIP beda dari yang lain, bukan karena beef patty atau burger bun nya aja sih. Tapi sayurnya. Karena di FLIP, burgernya GAK ADA SAYURNYA! Kenapa? Soalnya dari pengamatan kita selama ini, banyak banget orang yang sebetulnya gak suka kalo di burgernya ada sayur. Tapi malu aja untuk ngaku. Yakan? Yakan? Hahahaha. Jadi ya udah lah…diputuskan bahwa FLIP ini menyajikan ‘honest‘ burger. Burger tanpa penghijauan.

Dengan beberapa komponen yang udah gue ceritakan di atas, kalian tau kan…bahwa memang semuanya perlu proses dalam pembuatannya. Jadi kalo dibilang fast food…hmmm ya gak se-fast itu juga sih, karena memang kalian perlu sedikit menunggu karena burger di FLIP benar-benar disiapkan sesaat setelah kalian order. Kurang lebih kalian menunggu 15 menitan utk bisa menikmati FLIP burger, itu kalo lg ramai lancar ya. Tp kalo pas rame banget memang mesti sabar sih, mohon maaf banget ya…karena kasirnya pun cuma 2. Makanya mohon doanya supaya FLIP bisa terus diterima oleh selera org Indonesia khususnya Jakarta utk saat ini, supaya cepet buka outlet lagi. Hehehehe…. Amin.


Harga gimana harga? Dengan segala macem proses pembuatan FLIP Burger yang gue ceritakan td, harganya relatif terjangkau kok. Apalagi dengan kualitas seserius itu. Untuk yang paling besar, sekaligus andalan FLIP—> SMACKER hanya dijual seharga 55k. Untuk Cheese Burger dijual dengan harga 35k (Belum termasuk pajak).

Oke..jadi apa dong yang WAJIB dicoba di FLIP?

Selain SMACKER & cheese burgernya, gue menyarankan untuk coba Fish Burger nya. Ini bener2 favorit gue banget! Adonan tepung yang membungkus ikannya tuh mantep banget! Crunchy minta ampun. 

Fish Burger

FLIP’s Fish Burger


Selain itu kamu juga mesti coba CHICKEN SKIN alias KULIT AYAM GORENG. Ah, ini sih gak usah diceritain. Kalian pandang-pandang aja fotonya nih…. udah kebayang enaknya lah…

FLIP’s Chicken Skin


Satu lagi..di FLIP ini soft drink nya juga FREE REFILL. Ice cream nya juga lho! bayar sekali, abis itu ambil sepuasnya.

FLIP ini juga sistemnya self service. Jadi kita memang tidak ada server. Pemesanan dilakukan sendiri, pick up order dilakukan sendiri, setelah selesai makan diharapkan untuk membuang sendiri sampahnya ke tempat yang disediakan. Eh tapi kalo gak mau ya gak papa, kita sediakan crew khusus untuk membersihkan meja kok. Silakan dicoba loh…FLIP Burger hasil kolaborasi Tukang Daging & Tukang Roti. Semoga cocok dengan selera kamu.

The Burger Dudes


Come to Jalan Senopati no.27 & join the FLIP side.

Follow FLIP on instagram : instagram.com/flipburger_id

Advertisements

22 thoughts on “FLIP Burger

  1. (((BURGER TANPA PENGHIJAUAN)))

    Sakseis terus, Kak Lucy & Kak Afit! Segera meluncurlah sayah… gak pake dijelasin cuma liat gambarnya aja gleg gleg muluuuu…

    Semoga selalu ramai lancar ya…

  2. Huaaa liat timeline di IG penuh ama postingan Flip ini bikin mupeng..walau jujur gue mah mau banget pakai penghijauan…ending di mulut jd lelbih segar… *kalau ke flip beli selada dulu* 😊

    Sukses utk flipnya mba lucy😊

  3. welly prazh says:

    Jadi mupeng tp di malang blm ada, kapan2 kl ke jakarta nyobain. Btw lebih suka ada penghijaun kl saya. Kres kres kunyah timun tomat dan selada nikmat

  4. welly prazh says:

    Iya tdk bs dipaksakan hhehehe, setiap penjual emang hrs punya ciri khas tersendiri. Tdk masalah bagi saya, kl mau makan ada sayurnya kan tinggal take away sja diberi sayur sendiri di rumah. Pengin nyoba asli tinggal dine in, So simple hhehe. Smg bs buka di Surabaya spy ga jauh2 ke Jkt kl mau nyobain atau beli

  5. Ini judulnya Burger Yang Mengerti Saya (yang nggak suka sayur) wahahaha. Di McD pun favoritenya cheeseburger krn sayurnya cuma pickels, klo burger lain ribet misah2in selada, tomat, dsb.
    Tapi usul aja Mbak Lucy, mungkin bisa ada condiment counter yg isinya selada, tomat, timun, pickels, jadi buat yg mau pake bisa nambah extras. Di charge per portion gitu, semacem topping di milk tea yg trendi masa kini 😁 tapi emang mesti extra storage karena mesti dijaga kesegarannya.
    Sukses terus, dan semoga flip segera buka di Bonjer. #salamdarisaya #pecintaloobie

  6. Masrevi Yuliandri says:

    abis baca zomato tp kog review ttg Flip Burger gak terlalu bagus ya . Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat chef Afit, mas Agam & mbak Lucy supaya Flip Burger bisa lebih baik kedepannya, apalagi setelah buka gerai di Bali nantinya hehehe maklum Saya tinggal di Denpasar jadi nungguin banget karyanya chef Afit muncul disini. btw, Saya pribadi lebih suka ada sayur di dalam burger

    • Selera kan beda2 mas, gak bisa seragam kan? Mungkin yg nulis ya gak cocok selera & itu gak masalah. Yg jelas di FLIP sejak buka sampai skrg masih ramai sekali & sudah banyak sekali yg akhirnya jd langganan tetap πŸ™πŸΌ

  7. Intan says:

    Semoga Flip diadain promo2 menarik πŸ˜‰ maklum anak kuliahan seperti saya untuk harga segitu lumayan juga heeeee πŸ˜€

    • harga memang relatih sih Intan, tapi dibanding dgn tempat lain yg menjual makanan sejenis kita yakin sekali FLIP harganya sangat bersaing. Dgn modal 50rb kamu bisa makan burger porsi besar, kentang & minum sepuasnya. Saya rasa cuma di FLIP yang bisa begini 😁

  8. even says:

    hai, saya baru beli 2 double cheese melalui gofood siang tadi, dan mnrt saya pattynya enak, size nya juga ok πŸ˜€ namun sayang, pas uda di tengah2 gigitan, salah satu patty nya masih merah2 tengahnya, sedikit kurang matang.. tp krn saya & anak saya uda tanggung makan setengah, saya sisihkan bagian tersebut dan lanjut makan, tidak terpikir utk foto. Hanya utk masukan aja ya πŸ™‚ semoga next bisa mempertahankan standar kualitasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s