Setinggi Plafon

Minggu lalu gue mendapat kesempatan untuk jd moderator di acara Astra Start Up Challenge.Bertempat di Galeri Indonesia WOW, acara ini dipenuhi oleh banyak calon pengusaha muda. Eh ada yg udah punya usaha juga sih. Bertemu dengan teman-teman dari Astra, gue mendapat informasi bahwa mereka punya kegiatan yang namanya Satu Indonesia. Kegiatan ini mencari pengusaha-pengusaha muda yang gak hanya kreatif tapi juga membawa dampak sosial bagi masyarakat sekitarnya. Gue seperti biasa seneng banget dengerin cerita seperti itu karena jd bikin tambah semangat juga. 

Talkshow hari itu menghadirkan 3 narasumber : 

Dea Valencia, founder Batik Kultur yang mengawali usahanya dgn menjual batik lawasan milik ibunya. Saat ini produk Batik Kultur milik Dea sudah berhasil menembus pasar internasional & hebatnya lagi dia mempekerjakan saudara2 kita yang difabel. 

Jayadi Setiabudi atau yang dikenal dgn JayaYea. Gue sih ingetnya dia penulis buku “The Power of Kepepet”. Mungkin banyak yang belum tahu, asal muasal Holycow! lahir itu salah satu ‘kompor’ nya adalah karena Afit baca buku ini. Mas Jaya juga mendirikan YukBisnis.com & Young Entrepreneurs Academy. Selama talkshow ada banyak insight yang gue ambil, gimana skrg ini sebaiknya bersaing dgn strategi mengadu business model. Ah pokoknya banyak deh…

Faishal Arifin. Pengusaha perhiasaan perak dr Malang ini cukup unik. Memulai usahanya dgn kliping dari majalah bekas, skrg sudah punya binaan yg cukup banyak. Jd beliau bisa dikategorikan sebagai sociopreneur, karena usahanya membawa dampak luar biasa utk org lain. Produknya pun sudah memasuki pasar internasional juga. Filosofi bisnisnya juga unik sih, dia bilang :

Jangan gantungkan cita2 setinggi langit, susah sampainya. Setinggi plafon aja, kan tinggal ambil tangga sampai deh plafon.

Gue menginterpretasikan filosofinya seperti ini : pasang target sesuai dgn kemampuan & gunakan apa yang kita punya skrg. Jangan terlalu banyak mengawang-awang. Ini juga yang Afit & gue lakukan dalam menjalankan usaha. Ringkes & implementatif. 

Seneng banget rasanya ketemu dgn 3 narasumber yang inspiratif ini. Iya, setiap gue ketemu dgn siapapun, pasti ada banyak ilmu dan semangat yang bisa tertularkan. Buat yg punya usaha atau mau memulai usaha, ayo banyak2 lah menjalin network…ketemu dgn banyak orang. Bukan hanya mencari tambahan inspirasi tapi siapa tahu bisa menjalin kolaborasi. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s