#PestaPendidikan

Mungkin beberapa kali kalian liat hashtag #PestaPendidikan di account twitter gue atau kalian malah udah follow @Pekan2016 ?

Di postingan ini gue akan cerita sedikit tentang #PestaPendidikan . Harapannya kalianpun bisa ikut memberikan kontribusi juga.

Jadi awalnya gue kecemplung di sini adalah karena Ibu Najeela Shihab. Beliau mengumpulkan beberapa orang dan komunitas untuk sama-sama membuat #PestaPendidikan . Ini adalah sebuah gerakan partisipasi di bidang pendidikan yang diinisiasi oleh masyarakat sipil secara sukarela. Kita ingin sekali mengajak banyak orang dari beragam latar belakang profesi & industri. Intinya ingin merangkul semua pihak.

Ada beberapa komunitas penggagas Pesta Pendidikan ini : IniBudi, Kampus Guru Cikal, Keluarga Kita, Living Qur’an, PSPK dan Youth Manual.
Gak cuma komunitas yang gue sebutkan tadi,tapi banyak juga perorangan yang ikut mendukung acara ini. Orang-orang ini datang dari beragam profesi berbeda : atlet, fashion designer, jurnalis, musisi, pembuat film, pelari dan banyak lagi. Semua bisa memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuannya.

Tujuannya Pesta Pendidikan apa sih?
Ini adalah sebuah gerakan untuk membentuk komunitas pendidikan yang lebih besar & saling terkoneksi satu dengan yang lainnya. Gue kasih contoh deh ya…

Berikut gue kasih gambaran singkat tentang satu komunitas yang keren banget : Ini Budi

Inibudi adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia. Inibudi melibatkan partisipasi masyarakat melalui program #GuruBerbudi, #TemanBelajar, dan #DukungBelajar. Didirikan pada 2013, semua video Inibudi dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional. Inibudi juga berkomitmen menumbuhkan potensi siswa secara utuh lewat beragam video profesi dan karier serta berbagai video pengetahuan umum dan pengembangan pribadi.

Semua materi video Inibudi dapat diakses melalui http://www.inibudi.org atau http://www.youtube.com/inibudiorg.

Kalau kamu yang sedang membaca blog ini, kebetulan berprofesi sebagai seorang guru di tempat terpencil di Indonesia…kan jadi terbantu untuk mengajar dengan adanya Ini Budi. Bisa juga misalnya ingin berbagi ilmu, komunitas ini bisa jadi sarana untuk menyebarkan ilmu kamu.

Td adalah contoh kecil aja. Pesta Pendidikan ini ingin menjadi wadah bagi seluruh pihak yang ingin memberikan konstribusi pada dunia pendidikan Indonesia. Komunitas atau perorangan yang tadinya merasa berjuang sendiri, dengan adanya Pesta Pendidikan ini jadi saling terkoneksi dan menjalin kolaborasi. Perjuangan membuat pendidikan di Indonesia jadi lebih baik akan terasa lebih mudah dan menyenangkan kalau kita melakukannya bersama-sama.

Eh sebenernya sih, kegiatan ini terbuka untuk siapa aja. bahkan jika kamu punya komunitas yang di luar dunia pendidikan pun bisa kok ikut berkontribusi. Caranya..kirim aja email ke info@pestapendidikan.com dan tim Pesta Pendidikan akan menghubungi kamu. Misalnya nih, Afit. Iya, yang punya Holycow! STEAKHOUSE By Chef Afit juga turut berkontribusi. Meskipun bidang usahanya tidak berkenaan langsung dengan dunia pendidikan, tapi tetap bisa ikutan. Akan bikin apa sih Chef Afit di Pesta Pendidikan 2016 ini? Tunggu aja ya….

Puncak Pesta Pendidikan akan diselenggrakan tanggal 29 Mei 2016 di FX Sudirman, Jakarta. Di sini kita bisa ketemu dengan beragam komunitas dan profesi yang telah bergerak untuk pendidikan Indonesia.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s