Beda Anak Beda Pintar

Gimana? Udah baca soal kepintaran anak yang beda-beda di postingan gue yang lalu? Kali ini gue akan coba sharing tentang cara & kegiatan sederhana untuk menstimulasi kepintaran anak-anak kita.

Iya, sebenernya cara stimulasinya gak susah kok. Bahkan bisa dilakukan dengan mainan yang ada di rumah setiap hari atau kita ajak anak-anak pergi ke tempat tertentu.

Contoh ya..

Pasti semua anak pernah dikenalkan dengan buku cerita. Biasanya sih orang tua memang PASTI mengenalkan buku sejak dini pada anak-anaknya. Dengan kita membiasakan membacakan buku pada anak, itu adalah salah satu aktivitas yang bisa menstimulasi ‘word smart’ atau kepintaran linguistik si anak. Gue pun mencoba membiasakan rajin baca buku dengan anak-anak.

Saat anak bermain pun, bisa jadi momen kita utk mengobservasi kepintaran yang mereka miliki lho!

Dahayu, anak gue yang bungsu…usianya baru mau 3 tahun. Dia lagi sukaaaaaa sekali berakting jadi “Princess”, lengkap dengan memakai baju & pernak-perniknya. Nah, secara gue bukanlah tipe perempuan yang ‘girly’ awalnya liat Dahayu begini agak pusing kepala..hahahha…

Oh..dan jangan salah. Dahayu tidak hanya berhenti di pakai baju & pernak-pernik aja. Tapi dia juga berperan menjadi Snow White atau Cinderella. Iya..pretend play gitu! lucu sih liatnya. Jadi hiburan buat keluarga liat tingkah lucunya itu.

Tapi setelah baca artikel Dr.Howard Gardner yang soal 8 kepintaran anak itu, gue jd ‘aware’ bahwa yang dilakukan Dahayu itu adalah salah satu tanda ‘People Smart’ atau ‘Self Smart’ . Jadi lah gue ikutan main “Princess” juga untuk lbh menstimulasi kepintaran Dahayu.

Kalo ajak anak jalan-jalan ke taman, museum, nonton pertunjukkan atau bioskop, ada gunanya gak? ADA BANGET!

Segala kegiatan yang dilakukan dengan anak, baik itu bermain atau pergi ke tempat tertentu, sesungguhnya gak sekedar untuk mengisi waktu luang, refreshing atau membuat anak2 senang. Tapi kegiatan yang dilakukan itu bisa menjadi kunci stimulasi kepintaran yang berbeda utk tiap anak. Jadi pas melakukan kegiatannya, sambil observasi ya. Lama-lama akan keliatan banget kok, anak ini menonjol di kepintaran yang mana.

Oya..kalian juga bisa buka website ini https://www.progoldparentingclub.co.id/bedaanakbedapintar/. Di situ ada beberapa pertanyaan singkat utk orang tua, yang bisa membantu orang tua mengobservasi kepintaran yang dapat dimiliki anak. Asiknya ada usulan juga utk mengembangkan kepintarannya dgn ikut kegiatan atau sekolah bakat yang sesuai.

Masukkan banner Observasi 8 kepintaran anak dari website

Waktu bermain dan berjalan-jalan dgn anak adalah momen yang sangat berharga. Karena itulah kunci di mana kita bisa menggali kepintaran anak yang berbeda. Comment à ini kalimat penutupnya agak kurang nyambung dengan paragraph sebelumnya. Mungkin sebaiknya berupa ajakan, misalnya: setelah ibu-ibu mencoba observasi 8 kepintaran anak, berikan stimulasi yang sesuai. Dan stimulasi anak toddler paling baik diberikan dalam situasi bermain-main dan berjalan-jalan yang akan jadi momen berharga buat anak.

 

Selamat bermain-main 😁

Advertisements

2 thoughts on “Beda Anak Beda Pintar

  1. hai mba lusi… thanks for sharing.
    baca bagian —secara gue bukanlah tipe perempuan yang ‘girly’ awalnya liat Dahayu begini agak pusing kepala..hahahha…— jadi mak jleb kalau yang dilakukan anak2 itu ngga musti sama dgn passion kita yah, apapun, kita dukung dan kalau bisa seperti yg mba lusi lakuin—Jadi lah gue ikutan main “Princess” juga untuk lbh menstimulasi kepintaran Dahayu—
    makasih tulisannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s