Quick Tips For Flight Delays

Bandara I Gusti Ngurah Rai sejak kemarin ditutup lagi karena ada aktivitas vulkanik Gunung Rinjani.

Gue masih inget banget bulan Juni-Juli lalu, bandara ini juga terganggang aktivitasnya akibat abu vulkanik Gunung Raung. Iya, gue sekeluarga pun kena dampaknya.

Waktu pergi ke Bali sih masih aman, pas banget arah angin menunjang jadi kita bisa mendarat dengan aman di Ngurah Rai.

Ketika pulang..nah ini bagian serunya. Ini adalah pengalaman pertama penerbangan kita dibatalkan akibat faktor alam. Awalnya kita dijadwalkan untuk terbang pada jam 14.00WITA.

Kok aneh, sudah jam 13.45WITA tapi belum ada panggilan untuk boarding dari Air Asia. Akhirnya pas jam 14.00WITA keluar pengumuman

BANDARA I GUSTI NGURAH RAI DITUTUP AKIBAT ABU VULKANIK GUNUNG RAUNG

gimana dong? sementara kita traveling dgn anak2 kecil. pihak Air Asia meminta penumpang utk ambil bagasi di conveyor belt. Ya kita disuruh pulang krn bandara baru akan dibuka lg jam 6 pagi esok hari. Ground staff bilang jam 5 pagi ke sini aja utk check flight status.

Akhirnya kita memutuskan utk check in di hotel terdekat untuk menunggu kabar. Berikut gue share tips singkat menghadapai delay dgn alasan serupa :

1. Gak usah emosi. Ini penting sih. Karena percuma juga kita marah2 karena flight dibatalkan. Kan bukan salah airline nya juga. Gak perlu emosi karena airline gak kasih kepastian, karena yang namanya keadaan alam tentu sulit dipastikan. Emosi malah akan menguras tenaga.

2. Kalau penutupan dinyatakan sampai esok hari atau tanggal tertentu, sebaiknya check-in saja di hotel dekat bandara. Banyak kok, tinggal pilih mana yg masuk dgn budget. Tapi saran gue sih yg ekonomis aja, lawong darurat. Asal bisa istirahat.

3. Sebisa mungkin pantau terus website Ngurah Rai : http://bali-airport.com/ juga website airline & akun social medianya. Karena bukan tidak mungkin airport ternyata tiba2 dibuka. Karena begitu kondisi alam membaik, biasanya akan langsung dibuka.

4. Karena kondisi alam yang tidak bisa diprediksi tersebut, ada baiknya salah satu anggota keluarga atau teman bisa standby di airport. Jadi mereka bisa dapet info terkini, dan kita bisa lbh cepat bergerak.

5. Buat yang nunggu di hotel, jangan bongkar barang terlalu banyak. Seperlunya aja, karena bisa jd dalam hitungan menit kalian mesti buru2 ke airport.

6. Sampai di airport, kalian mesti siap utk menunggu lagi. Karena jadwal penerbangan benar-benar tentatif. Waktu itu kita dijadwalkan terbang jam 10 malam, ternyata baru bisa pergi jam 1 malam. Sekali lagi, jangan emosi. Karena banyak faktor yang menentukan pesawat kita bisa berangkat atau enggak.

7. Saat menunggu, siapkan selimut & alas tidur. Antisipasi kalo mundur lagi jam berangkatnya kan? Siapkan minum & makanan secukupnya. Restoran & toko makanan di Ngurah Rai waktu itu tetap buka sih, jd gampang kok cari makanan.

Selama kita menunggu, Airport Ngurah Rai pelayanannya sangat baik. Kebersihan terjaga, petugas siap siaga bahkan ada musisi juga yang keliling menghibur penumpang.

Buat temen2 yg skrg lg tertahan di Bali, sabar ya. Semoga bisa segera pulang & menjalankan aktivitas yang sudah menunggu. Semoga tips singkat ini membantu.

Berikut ada beberapa foto kondisi Ngurah Rai saat penerbangan kita dibatalkan akibat erupsi Gn.Raung.

Advertisements

3 thoughts on “Quick Tips For Flight Delays

1. NinaFajriah says:

Saya juga baru mengalami return to base ketika bandara Pangkalpinang ditutup dan harus kembali ke Palembang. Nice share mbak Lucy. Memang dalam kondisi begini kesabaran harus tebal dan jangan mudah emosi yaa

2. Halo mbak Lucy. Gara-gara Nina jadi tahu kalo mbak Lucy ngeblog. Sejauh ini cuma suka liat di TV aja. 🙂 salut, soalnya mbak masih sempetin nulis/ngeblog.