Dazzling DISNEYLAND

For me, the word Disneyland itself feels magical.

Lebay? Bisa jadi. Tapi tulisan ini memang sangat personal.
Jadi begini….film pertama yang gue tonton pertama kali dalam hidup gue adalah CINDERELLA. Almarhum Papa memang sangat hati-hati memilih film yang boleh gue tonton. Pokoknya gak jauh-jauh dari serial film Kung Fu & kartun buatan Disney.

Singkatnya masa kecil gue sangat lekat dgn produk Disney lah. Meski film pertama yang gue tonton itu Cinderella, tapi bisa dipastikan gue tidak terjangkit virus princess-princess an. Mana ada princess yg rambutnya bondol & suka motoGP? 😜

Masih nempel di ingatan gue, imajinasi untuk bisa pergi ke Neverland ketemu Peter Pan & The Lost Boys & terbang ke sana-sini dgn modal Pixie Dust dr Tinkerbell—-> ini segmented banget memang. Cuma yang mendalami film2 animasi Disney yang paham. Hihihi….
Tapi intinya, film-film itu memperkaya imajinasi gue waktu kecil. Sampai akhirnya gue punya impian, suatu hari harus bisa dateng ke Disneyland.

Alhamdulillah pas 1 SMA, gue dpt kado dr Papa & Mama utk jalan2 sendiri ke Euro Disney di Paris. Seru sih, Tp krn pergi sendirian jd ribet Kalo mau foto2 & terlalu konsen utk menjaga diri supaya gak nyasar πŸ˜…. Kurang bisa mengamati dgn seksama lah….

Nah, Januari 2015 ini gue,Afit & anak2 liburan ke Hong Kong Disneyland. Kita pun sengaja nginep di salah satu hotelnya, supaya komplit lah Disney experience nya. Trus main di Disneyland nya gak cuma 1 hari, tapi 2 HARI! Dr buka sampai tutup!

Pengamatan gue terhadap HK Disneyland kali ini dgn 2 sudut pandang : sebagai Disney enthusiast & pemilik usaha. Yakan buat belajar juga toh? Siapa tau bisa diterapin di usaha gue & suami.
Begitu masuk gerbang, udah keliatan tuh hebatnya Disney. Apa hebatnya? Semuanya bisa disimpulkan dengan satu kata DETAIL!.

Pokoknya, Kalo lo perhatiin ya..semua elemen yang ada di HK Disneyland itu bagus & semuanya detail. Kemanapun kita melihat, semuanya bagus.
Mulai dr Main Street, kita akan liat tulisan Elias Disney baik itu di kaca-kaca toko atau di sebuah kenop saluran air. Elias Disney gak lain adalah ayah dr Walt Disney. Konon di semua Disneyland ada nama tersebut sebagai tribut untuk ayah Walt Disney.

Ada 7 bagian di HK Disneyland, di antaranya : Toy Story Land, Adventureland,Tomorrowland, Mystic Point,Grizzly Gulch,Fantasyland & Main Street U.S.A. Semuanya beneran dibikin dgn sangat bagus dan detail banget!

Ternyata, soal attention of detail yg menarik perhatian gue ini, memang jd salah satu yang jd kekuatan Disney. Lee Cockerell, yg jd Excecutive VP Disneyland Selama 16 tahun bilang gini :

At Disney,attention to details is practically a religion

GILAK KAN!

Bukan cuma detail tempatnya loh! Tapi juga karakter2 yg ada di Disney. Mereka gak sekedar orang2 yang kerja pake kostum trus senyum2 & foto2 sama pengunjung. Lebih dr itu!
Salah satu contohnya yang menarik perhatian gue adalah tokoh Tinkerbell. Tokoh peri kecil di cerita Peter Pan ini memang bukan tokoh sentral, tapi secara gue suka banget film ini…gue jd tau banget gesture & mimik si Tinkerbell. Dan orang yg memerankan karakter Tinkerbell di HK Disneyland,beneran sama gesture & mimiknya kaya di film. Iya, se-detail itu lho!

Gue jd mendapat pencerahan setelah berkunjung ke sana. Betapa luar biasanya usaha Disneyland menjalankan bisnisnya. core business nya adalah : making your dreams & imagination come true. Utk itu memang gak bisa setengah hati menjalankannya. Mereka sadar betul bahwa banyak keluarga yang menabung cukup lama untuk bisa bawa anak2nya ke Disneyland. Mereka mau org2 yg udh ngeluarin uangnya mendapatkan pengalaman yang sepadan & gak terlupakan. Gak heran Disney World yg di Amerika aja menghasilkan 15 MILLIAR DOLLAR SETAUN! Itu blm yg di Tokyo, Hongkong & Paris Looooh.

Oya…. Sebagai penutup, di HK Disneyland itu ya…tiap mau tutup ada pesta kembang api. Bukan kembang api cupu tentunya, Tp tiap ledakan kembang api disesuaikan dgn lagu dr film2 Disney yang membuat kita jd gak rela pulang. Lagi2 di sini kita bisa liat betapa seriusnya Disney menggarap bisnisnya.

Semoga suatu hari nanti, Afit, gue & anak2 bisa ke Disneyland yang di Amerika 😁😁😁

IMG_0493

IMG_0486-0

IMG_0372-0

IMG_0383-0

IMG_0376

IMG_0386

IMG_0392-0

IMG_0398-0

IMG_0420-0

IMG_0452-0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s