Kritik Asik atau Kritik Berisik

Berapa banyak mimpi/rencana/ide yang kamu bunuh karena takut dikritik?

Temen gue pernah bilang gini :

Pengen deh gue buka usaha makanan juga. Tp ntar kalo dikritik gimana? Ntar dibilang gak enak. Dibilang cara masaknya salah

Gue bilang sih jangan takut! Kalo lo yakin dgn produk lo, jalan terus. Udah punya business plan yg mateng? HAJAR! Gak usah takut (akan) dikritik.

Di jaman socmed skrg pasti lo sering lah nemuin review soal sebuah produk. Kalo yg bagus mah ya udah ya. Tapi kalo yg nadanya judes, cenderung menjatuhkan gimana?

Kritik apapun menurut gue akan bisa jd masukan yg positif buat kemajuan usaha kita. Nah, tugas kita buat memfilter kritik mana yg membangun atau kritik yg cuma berisik aja.

Kita pun sebenernya perlu belajar utk bisa menyampaikan kritik dgn baik. Apalagi kalo punya usaha sejenis. Kalo
gue sih ya, secara emang punya bisnis makanan juga…jd kalo pas nemuin kejadian yg gak enak pas makan di tempat tertentu…ya kritiknya yg santun lah. Hal pertama yg pasti gue lakukan ya sampaikan lgs ke pelayan atau manajer di lokasi. Dgn baik-baik ya. Biasanya sih kalo kita penyampaiannya baik, mrk menanggapinya juga baik. Kalo ternyata nemu kejadian yg gak enak banget bahkan udh komplen malah dijudesin…ya akan cari saluran lain utk menyampaikan keluhan gue itu. Tp jarang sih…paling ya gampangnya gue kalo udh kecewa berat ya gak akan balik lg ke tempat itu.

Gak ada salahnya juga sih utk menyalurkan komplen di socmed. Tp komplen yg spt apa dulu? Kalo nemuin pelayanan yg gak baik atau kualitas makanan yg buruk…(mungkin) boleh aja. Apalagi udh komplen lgs tp dicuekin. Tp gue paling menghindari bilang suatu tempat makanannya gak enak. Gak enak menurut lidah gue? Emang lidah gue pakem perkulineran dunia? Enak gak enak ya pastinya relatif. Sangat relatif. Sama halnya dgn agama, soal selera tuh amat sangat pribadi. Gak bisa didikte apalagi dipaksa.

Lebih jauh lg gue berpikir soal penyampaian kritik soal tempat usaha. Kritik yg disampaikan dgn nada ‘judes’ cenderung menjatuhkan tanpa ada dasar yg jelas gunanya apa sih? Buat kepuasan kita sendiri krn bisa menumpahkan emosi? Apalagi kalo gak disampaikan lgs ke pemilik atau pengelola nya….Kasih kontribusi perbaikan ke tempat usahanya juga enggak.
Trus pernah kepikiran gak…Kalo ternyata apa yg kita sampaikan jd bikin usahanya sepi gimana? Gimana nasib yg kerja di sana? Gimana yg menggantungkan rejeki dr usaha tersebut?

Jangan salah. Bukan berarti kita terima-terima aja kalo dpt pelayanan kurang baik. The point is :

not what you say. But HOW you say it

Gue percaya apa yg kita sampaikan pasti ada dampaknya. Besar atau kecil pasti ada. Bukankah lbh baik jika kata2 yg keluar dr mulut kita bisa memberi semangat,membuat perbaikan & bukan jd sekedar penciut semangat atau pembunuh mimpi seseorang?

Advertisements

2 thoughts on “Kritik Asik atau Kritik Berisik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s