Catatan Caleg

Makin deket sama Pileg tgl 9 April 2014 makin seru ya. Ya di TV, di twitter, kampanye di kampung-kampung, jalan penuh poster dan baliho caleg, janji2 surgawi khas kampanye membahana di mana2.

semua keriaan menjelang pileg ini bikin gue mikir. Pernah ada yang tanya ke gue sih, emang gak mau jadi caleg? Pernah ada yang nawarin tapi gak tau tawaran itu serius atau becanda sih, tapi saat itu jawaban gue adalah :

Bisa gak jadi caleg tapi gak ngeluarin duit? Kalo mesti ngeluarin modal sendiri gue gak mau ah. Mending buat buka CAMP Holycow! lagi dah

Yang kita sering denger adalah, kalo mau maju jadi caleg itu mesti siap modal yang gede. ya buat kampanye sampe mesti bayar saksi segala buat ngawasin pemilu. Pernah denger cerita juga kan soal caleg2 yang gak kepilih, terus stress berat? Konon katanya emang abis2an dari segi materi supaya bisa jadi caleg.

Kemudian gue mikir….ya kalo gue jadi caleg nih, trus ngeluarin modal sendiri…yang jadi target utama gue adalah : BALIK MODAL! ini sih gue jujur aja lah ya. Kepikiran mengabdi demi negara ? Hmmm…ntar dulu. Kalo gue kaya raya dan uang kampanye ratusan juta rupiah atau bahkan milyaran itu cuma sekedar receh sih mungkin gue gak akan mikirin gimana caranya balik modal. Yatapi itu gue loh ya, kalo ada yang rela mengorbankan harta benda pribadinya dan murni mengabdi tulus demi Indonesia yang lebih baik sih gue angkat topi deh.

Kok di kepala gue ada sebuah pemikiran. Mestinya gak begini. Kalo orang yang mau jadi caleg uangnya pas2an, kalo kepilih beneran…apa gak tergoda buat ngelakuin hal yang gak baik demi balikin modalnya? (baca  : korupsi). Misalnya nih, pas kampanye sampe jual mobil, trus pas kepilih apa gak tergoda buat gantiin mobil yang udah dijual itu? Kalo bisa malah mobil yang lebih bagus. hihihihi……

Apalagi kalo sampe modalnya hasil ngutang sama orang lain. Trus, berapa banyak orang yang beneran murni mau kerja buat negara terpaksa harus menguburkan niatnya dalam2 karena sistem yang ada sekarang memang lebih membuka ruang buat mereka yang punya atau berani keluar uang.

Idealnya, caleg itu membawa isu khusus dari dapilnya. Misalnya nih, kalo gue jadi caleg dapil daerah tertentu…gue akan cari apa yang mestinya dibenahi dari wilayah itu. Jalan rusak? sarana pendidikan yang belum memadai? transportasi yang buruk? atau masalah gizi buruk? Dari situ mestinya si caleg ngumpulin segala aspirasi yang ada di daerahnya terus maju bareng2 deh. Jabarin apa yang akan lo lakuin untuk ngatasin masalah yang ada di daerah itu. Nah, diadu deh tuh sama konsep kerja caleg lain dari dapil yang sama. Jadi di sini jelas pertempuran yang terjadi adalah soal visi, konsep dan rencana kerja. Bukan pertempuran banyak2an poster atau siapa yang paling seru bikin panggung dangdutannya.

Yatapi itu kan idealnya ya. Mungkin bisa lah negara kita menerapkan sistem itu. Suatu hari nanti. Kalo beneran bisa, gue mau loh jadi caleg. beneran deh. Tapi kalo dengan sistem yang ada sekarang sih. Ngeri kejeblos arus yang gak baik ah. Soalnya kan, jadi wakil rakyat itu bukan jadi boss nya rakyat loh. Kan megang amanat, jadi malah sebenernya jadi abdi rakyat. Yang ngelayanin rakyat. Soal pelayanan seperti ini mestinya jauh dari prinsip ngitung untung rugi. tapi kenyataannya sekarang sistemnya kaya dibisnisin *sigh*

Semoga aja lah suatu hari nanti sistemnya lebih dibenerin lagi. Gak tau sih gimana caranya. Soalnya rakyat kita pun masih banyak banget yang gampang dirayu. Dan cenderung gak kritis. Liat materi iklan caleg atau capres yang bagus di TV aja udah gampang yakin, tanpa liat lagi rekam jejaknya gimana.

Udahlah, sekarang….berdoa aja semoga pileg mendatang lancar & caleg2 yang sekarang gak mikirin gimana balik modal tapi beneran kerja dan megang amanat kita dengan baik. Cuma itu yang bisa kita lakuin sekarang, kasih suara dan berdoa suara kita diwakilkan dengan orang yang amanah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s