Bisnis yang paling bagus itu……….

Bisnis yang paling bagus dan cepet dapet untungnya apa ya?

samak! gue dan Afit dulu juga pernah nanya gitu. Afit sempet bisnis bikin kaos ala distro pas kuliah, sempet jadi wardrobe MTV Indonesia juga tuh. Eh trus mampet. Sempet juga bikin perusahaan trading…yaaa..saham2an gitu lah. Eh…dikibulin orang, terus bangkrut. Sempet mau jadi reseller kripik, kok gak nemu jalurnya dan akhirnya layu idenya. Sampe akhirnya Afit punya ide bikin Holycow!.

Gue yakin lah, semua orang yang pengen punya usaha pasti maunya usahanya sukses, lancar dan cepet dapet untung. Tapi kan gak segampang itu kenyataannya. Tiba2 aja gue dapet wangsit untuk bikin beberapa poin soal buka usaha. Yaaaa…kali aja salah satu dari sekian poin yang gue tulis ada gunanya kan?

Passion aja (ternyata) gak cukup
Kata passion ini cukup sering dikaitin sama buka usaha. Kalo bingung mau bisnis apa, ya cari aja lo sukanya apa. Intinya gitu lah.
Setelah Afit & gue menjalani Holycow! selama 4 taun, kita inget2 lagi. Bisa sik passion itu jd panduan awal, tapi mestinya mikir lbh dalem lagi. Krn yg gue liat, banyak yg kejebak euphoria passion. jd kaya selebrasi belaka, trus gemebyar sesaat, anyep kemudian.
Mestinya yg dipikir adalah :

siap gak gue susah payah ngejalanin untuk waktu yg lama? Kalo ternyata ada masalah, mau gak berjuang?

Jd gak cukup lah kalo cuma sekedar suka. Ini soal komitmen yg panjang dan gak main2.

(merasa) gak punya Modal
Ini udh pernah gue tulis sik, tp gak papa yak ulang dikit.
Banyak banget orang yang niat buka usahanya jadi ciut gara2 (ngerasa) gak punya modal. gak punya duit. Di sini masalahnya. Modal kan gak cuma uang loh. Ide, kreativitas dan semangat lo itu modal juga loh. Ada juga yang ngerasa minder karena modalnya gak seberapa. Kenapa juga mesti minder? Buka usaha sih menurut gue sih disesuaikan aja sama kemampuan lo. Yang lebih penting diadu itu adalah kreativitas dan inovasi. Kalo mau adu2an modal (duit) ya pasti kalah. Karena akan selalu akan ada orang punya duitnya lebih banyak dari lo. Misalnya nih ya, lo punya resep juara untuk bikin sop buntut tapi gak punya uang buat bikin outlet yang mewah. Ya jalanin aja, buka aja outlet sederhana yang sesuai dengan kemampuan lo. Belum tentu orang yang uangnya lebih banyak, bisa bikin outlet mewah punya resep sop buntut sejuara bikinan lo kan?


Kejebak COPY-PASTE

Udah bukan rahasia lagi kalo kita ini bangsa latah. Lagi heboh bisnis pisang ijo, banyak yg ikut. Heboh bisnis steak, banyak yg ngekor juga.
Salah? Ya gak sih. Hak tiap orang kok mau nirunya dikit2 atau nyontek abis2an.
Gini ceu, keuntungan copy paste adalah lo belajar dr si Pioneer. Lo bisa amati kelebihannya & benerin kekurangannya. Bikin usaha yg lbh sempurna drpd si Pioneer. Eh jangan seneng dulu….
Kalo si Pioneer ini sukses bikin org jatuh cinta dan dia udh jd top of mind konsumen, akan beda ceritanya. Sebagus apapun lo kemas bisnis lo, tetep aja itu akan dianggap jadi tiruan. Makanya kan gue selalu bilang, jangan kelamaan kalo mau mulai usaha. Apalagi cerita ke sana sini ide lo, bisa2 ide lo dicolong orang & dia yg buka usaha duluan. kalo bisa sih jadilah seoriginal mungkin. Ambil benang merah dr bisnis yg sukses, tapi temuin gaya lo sendiri. Gimana caranya? Ya pikir atuh 😂

Jangan silau

ah lo kan enak, sekarang bisnis udah berkembang, cabang di mana2. Tinggal ongkang-ongkang

If this the business is your bread & butter, there is no such thing as “ongkang-ongkang”.

Makin berkembang bisnis lo, bukan makin santai. Tanggung jawab semakin besar krn pihak yg terlibat di dalamnya juga makin banyak. Kita liat satu elemen aja deh—> karyawan. Makin banyak karyawan lo, gaji yg dibayar juga makin gede kan? Belom lagi soal tunjangan ini itu.
Makin berkembang suatu usaha artinya quality control juga harus makin ketat. Afit tiap hari kerjanya visit ke semua CAMP Holycow! Plus tambahan kunjungan luar kota kan? Secara udh ada CAMP Jogja.

Jadi, buka usaha perlu pemikiran panjang & komitmen yang kuat. Gak ada itu glamor gemebyar bermodal passion semata. Ujung2nya adalah DEWES alias duit utk mencukupi kebutuhan keluarga dan org2 yg menggantungkan penghasilannya pada usaha yg lo bikin.

Business is bigger than yourself. At some point, business can not be used just to feed your ego.

Kira2 itulah beberapa hal yg mesti dipikirin pas mau buka bisnis. Jadi takut? Jangan dong ah…..justru jd semakin tau apa yg mesti disiapin kan?

Jadi jawaban atas judul posting ini apa?

Bisnis yang paling bagus itu adalah…..BISNIS YANG DIJALANIN gak sekedar mentok di wacana. Tapi ya jelas bisnis ini bukan sekedar keren2an.

Advertisements

5 thoughts on “Bisnis yang paling bagus itu……….

  1. Gue termasuk yang gagal berbisnis…banyak kepengin nya. Kadang pengin jualan mie ayam, kadang pula kepengin jual es cendol. Sampai sekarangpun, gue masih kaga paham…sebenarnya passion gue apaan? Alhasil…sekumpulan ide kepengin itu menguap diselimuti bayangan gulung tikar. Suram. *bookmark dulu ah*

  2. setuju banget sama tulisan ini. saya juga baru mulai bisnis ikut sama orang yang sudah expert di bidangnya lalu mempelajari lebih dalam, terlibat lebih dalam lagi sampe “nyemplung”. Pada akhirnya bisnis adalah sebuah proses panjang yang butuh konsistensi yang pegangannya adalah komitmen. Satu lagi yang penting, harus sepenuh hati. Sukses terus ya holycow!
    Sesuatu yang besar berawal dari hal kecil…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s