Guruku Permataku

Beberapa waktu lalu gue dihubungin sama pihak Permata Bank untuk ikutan program Guruku Permataku. Bukan program baru, justru udah memasuki tahun ke 3 deh. Nah, mulailah gue dijelasin apa maksud dan tujuan dr program ini. Intinya sederhana aja :
membangkitkan semangat sosial dan mengajak banyak orang berpartisipasi dgn berbagi ilmu dan pengetahuan di bidang kewirausahaan (entrepreneurship).

Jadi, siapapun boleh berbagi ilmu & pengalamannya ke pelajar2 setingkat SMK. Bisa daftar langsung di facebook page Permata Bank
Nantinya calon2 guru ini akan diseleksi dulu, kalo udh lolos pas ngajar juga akan didampingi dgn pengajar dr Prestasi Junior Indonesia.

Kemaren, 11 Sept 2013 gue diundang ke acara Kick-off nya sekaligus ngajar 2 kelas di sana. Kelas pertama adalah pelajar dr SMK Negri 2 Tangerang, yang kedua dr Sekolah YCAB.
Yang gue obrolin adalah soal kewirausahaan. Apa aja yg diperluin utk memulai usaha, kalo ngadepin masalah mesti gimana, kalo gagal apa yg mesti dilakukan… Pokoknya banyak deh. Yang gue lakukan sebetulnya hanya melengkapi aja. Anak2 ini kan udah dapet teori dr sekolah, nah tugas gue adalah cerita tentang apa yg terjadi di lapangan. Masalah pendidikan kita kan emang gitu ya, teori banyak..tapi penerapannya sangat kurang. Makanya gue mendukung banget program ini.

Anak2 ini gak hanya dibekali dgn teori dr sekolah tapi dilengkapi dgn insight dr pelaku usaha / pekerja yang memang sudah punya pengalaman. Asik kan! Makanya kalo kalian punya pengalaman sebagai pemilik usaha coba ikutan daftar utk jd pengajar di Guruku Permataku deh. Gak ada salahnya kita berbagi ilmu & pengalaman. Anak2 ini perlu dikasih wawasan luas bahwa banyak pilihan pekerjaan selepas mereka lulus sekolah nanti. Mau kerja kantoran boleh, buka usaha sendiri juga BOLEH BANGEEEET! Secara jumlah wirausaha di Indonesia ini masih dikit banget. Kuranh dr 1% broooo… Kalah sama Malaysia yang 4 %. Singapore? Malah 7%. Mestinya kita bisa lbh banyak lagi!

Gue sangat menikmati ngajar di 2 kelas kemaren, krn bukan cuma gue yg berbagi pengalaman tp gue belajar byk hal dr anak2 itu. Semangat mereka buat maju bener2 luar biasa. Umur 16 tahun mrk udah kepikiran utk buka bisnis ini itu… Ada yg pengen punya pabil batik, desainer baju penganten, mau buka warung ayam goreng…Hebat lah!

Semoga yang baca postingan gue ini banyak yg tergerak utk mau ikutan jd guru juga di Guruku Permataku.

20130912-104006.jpg

20130912-104017.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s