NUGGET SAYUR NGUMPET

image

Ide awalnya adalah supaya anak gue mau makan sayur. Yah, seperti anak2 pada umumnya..Danya kalo udah liat sayur rasanya males banget buat menikmatinya dengan sukarela. Dan seperti anak2 pada umumnya juga, Danya lebih suka sama makanan yang garing dan renyah semacam nugget. Tapi, gue lebih memilih untuk bikin sendiri sih nuggetnya. Karena gue tau pasti gimana kualitas bahan2 yang dipake, plus gue bisa menyamarkan sesuatu di dalam nugget ini…yak! SAYURAN!

Daripada anak2 dipaksa makan sayuran, trus mereka malah jadi tambah sebel…mendingan disamarkan tampilan sayurnya. Biarin aja mereka kenalan sama rasa sayurnya dulu, penampakannya untuk sementara kita umpetin.

Bahan yang diperlukan :

1. 200 gram daging ayam kampung giling

2. 1 siung bawang putih

3. 2 buah wortel parut

4. 1 butir telur

5. Garam & lada secukupnya

6. Tepung roti

7. Minyak Goreng SunCo

 

Cara Membuat

* Campur daging ayam giling, garam, lada, bawang putih dan wortel parut dalam mangkok.

*Tambahkan sedikit tepung roti kedalam adonan ayam tadi, gunanya untuk menyerap kelebihan air dalam campuran nugget tadi, supaya tidak benyek

*bentuk adonan nugget sesuai selera

*kocok telur dalam mangkok terpisah, gulingkan nugget yang sudah dibentuk tadi dalam telur sebentar saja

*gulingkan lagi di atas taburan tepung roti sampai semua permukaan nugget tertutup

*Panaskan minyak SunCo di penggorengan. Gue pilih Sunco karena minyak ini panasnya cepet, jadi dari segi waktu pembuatan juga cukup efisien. Hasil gorengan nuggetnya pun jadi lebih renyah.

*Goreng nugget sampai coklat keemasan. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat…eh tapi kalo mau dijadiin cemilan juga boleh.

 

NOTE : Untuk sayuran ngumpetnya, kali ini gue pake wortel parut. kalo mau diganti2 boleh loh. Kadang gue pake puree bayem juga. tinggal divariasiin aja sesuai selera kok. semoga bisa jadi insipirasi buat membujuk anak2 makan sayur.

selamat mencoba 🙂

 

20130904-230207.jpg

Advertisements

One thought on “NUGGET SAYUR NGUMPET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s