Manfaat Maaf

Gengsi gak bilang maaf?
Gak sedikit orang yang nganggep minta maaf itu sebagi bentuk kelemahan, tanda kalo kita kalah dan gak berdaya. Ngerasa posisi kita adalah pihak yang lebih rendah….
Makanya minta maaf ini gak gampang buat dilakuin. Yaaaa kalo ngomong aja sih gampang, tapi minta maaf beneran..dari hati…gak semua orang mau ngalakuinnya.

Kalo udah jelas salah aja ada kok orang yg ngotot gak mau minta maaf, apalagi kalo gak salah….

ngapain minta maaf? Yang salah dia kok. Dia lah yang harus minta maaf

Kalo kita di posisi yang (sepertinya) benar, permintaan maaf dr orang lain itu terkadang kesannya jadi gak lebih dari sebuah validasi kalo kita adalah pemenangnya.

Padahal kalo dipikir2 esensi maaf itu kan untuk benerin keadaan yg mungkin udah gak enak & yg paling penting maaf itu utk nge-reset hati supaya bersih lagi.

Setelah ada konflik, perpecahan, berantem atau sejenisnya… Masing2 pihak tentunya ngerasa dia yg paling benar. Ah manusiawi banget lah. Jarang banget ada org yang abis konflik lgs ngaku kalo dia yg salah. Ada juga kalo bisa nyalahin pihak satunya dong….

Trus gue mikir,konflik itu pasti kejadian krn ada aksi-reaksi kan? Dua pihak pasti ada kontribusi nya ketika sebuah konflik terjadi.

Ah, gue juga dulu gitu…gengsi lah minta maaf duluan. Salah aja kadang gue ngotot, apalagi kalo bener. Hahahhaha…
tapi banyak hal yg gue alami & akhirnya jd belajar. gak perlu gengsi untuk minta maaf.

Minta maaf bukan berarti mengakui lo kalah, bukan berarti lo lemah. Kehormatan lo juga gak ilang dengan lo berani minta maaf duluan, justru malah itu nunjukin lo adalah pihak yang lebih kuat. Manfaat maaf memang untuk benerin lagi hubungan kita dgn org lain pasca konflik, tapi paling penting lagi buat diri kita sendiri. Ya itu…nge-reset tadi. Gue ngerasain sendiri, salah gak salah…mendingan minta maaf dgn tulus kalo memang terjadi konflik. Hati lebih adem kok dan langkah lo akan jd ringan juga…

Advertisements

4 thoughts on “Manfaat Maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s