My Lasik Experience

Jadi gini…dulu sebelum gue HARUS pake kacamata, mikirnya kalo pake kacamata itu akan terlihat keren. Ternyata setelah beneran butuh dan harus pake, lumayan ngerepotin juga.

Dulu mata gue kanan kiri minus 2,5. Sebetulnya gak gede2 amat sih minusnya, tapi ya rabun juga kalo gak pake kacamata.

Bangun tidur, mau liat TV di kamar aja mesti rogoh2 cari kacamata dulu. Ada beberapa kegiatan juga yang memang gak nyaman dilakuin kalo pake kacamata.
Misalnya : pas gue berenang, gak pake kacamata….burem. Pake goggle yg ada minus nya gue gak cocok, malah pusing. Pas gue jogging kacamatanya melorot dr idung krn keringetan.
Lagi makan yang kuah2 gitu… Berembun! Hadeeeeeh……
Belom lagi dr segi perdandanan, gak semua dandanan cocok kl gue pake kacamata. Pas lg kebayaan misalnya, gue ngerasa aneh aja sih kalo pake kacamata. Gak paripurna gitu rasanya. Hahahhahaha…..

Trus..seperti sejuta enam belas orang di dunia ini yang risih sama kacamata, tentu gue mengandalkan contact lens dong. Penglihatan terbantu, lbh paripurna lah soal penampilan. Tapi ada juga masalahnya : R I B E T.

Sering kali gue pas lg buru2 mau pergi, pas bersihin contact lens jd seperlunya. Gak maksimal. Pas masangnya kan juga banyak ritualnya tuh… Jd emang mesti sediain waktu khusus buat bermeditasi sama contact lens. Masalah lainnya kalo pas di luar, trus kelilipan debu… Hastaganagadragon….siksa kelilipan di mata ber-contact lens itu perih, jenderal!
Mata gue juga lama2 jd berasa gampang kering sih pas pake contact lens. Akhirnya ya kacamata & contact lens gue pake ganti2an aja sesuai sama kebutuhan.

Terus pas taun 2005 gue kebetulan dapet tugas interview dr.Hadi Prakoso dr Klinik Mata Nusantara. Waktu itu gue inget banget KMN baru buka klinik pertamanya di Kemayoran. Dr. Hadi jelasin semua detail tentang lasik. Gue jelas tertarik banget! Pikiran bisa lepas dr kacamata & contact lens bener2 menggoda. Tapi sejujurnya ya akik agak takut lah….
Mata? Dilaser? Kalo gagal gimana? Kalo buta? Hih…… Tatut…

the steps
Dr awal, dr.Hadi udh woro-woro ke gue buat prepare dulu. Gak semua mata itu layak utk dilasik. Syarat utama, mata HARUS sehat. Beberapa syarat utama boleh dilasik adalah :

*umur minimal 17th
*ukuran kacamata stabil kurleb 6 bulan
*gak lg hamil atau menyusui
*lepas contact lens selama 2 minggu

Selain syarat standar di atas, ada juga serangkaian tahapan pemeriksaan mata yang harus dijalanin sebelum ngelakuin prosedur lasik.
Kalo gue gak salah, ada kurang lebih 8 tahapan pemeriksaan. Ada tes kadar air mata, tekanan bola mata, diliat juga ketebalan korneanya. Semua ini harus bagus hasilnya. Kalo ditemuin suatu masalah, misalnya kadar air matanya kurang…ya mesti ditreatment dulu. Kalo udh normal, boleh dilasik.
Kalo masalahnya gak bisa diatasi dgn treatment biasa, dan gak bisa dilasik…dokter di KMN akan nawarin solusi lain buat kita.
Pemeriksaan awal pre-lasik ini gak lama kok….kurang lebih 2 jam udh lengkap semua dan hasilnya bisa lgs dikonsultasiin ke dokter.
Alhamdulillah gue lolos tes nya dan bisa di-lasik! Huhuy!

the lasik
Besoknya gue dijadwalin utk lasik. Deg2an!
Makin deg2an lagi karena gue lupa tanya : BIUSNYA GIMANA?
Lawong mau cabut gigi aja biusnya sakit, lah ini pigimane?

Ya udahlah pasrah aja….

Gue ganti baju khusus buat jalanin prosedur lasik. Trus dipersilakan duduk di sofa empuk nan nyaman di luar ruangan lasik.

“kita tunggu dokter anastesinya dulu ya mbak, setelah itu akan segera lasik”

JENG JENG….

Datenglah dr.Thomas yang bertanggung jawab atas anastesi gue hari itu. Akik cari2 tuh jarum suntik… Udh siap mental kalo2 mata akik mesti ditujes jarum.

“kita tetesin obat anastesinya ya. Tetap akan bisa melihat, tapi matanya akan kebas aja”

PAKE OBAT TETES PEMIRSAAAAA….ALHAMDULILLAH BUKAN DISUNTIK

Yak..ilang satu kekhawatiran. Sekarang yang ditunggu2….L A S I K !

Gue duduk di ruang tindakan. Dr.Hadi udh siap di situ dgn perawat2 KMN. Ada juga dr.John yang mendampingi.

“lucy, kita mulai lasiknya dr mata kiri dulu…trus kanan. Prosesnya cepet kok. Nah sekarang sebelum rebahan, coba baca jam yg ada di depan kamu”

“Gak kebaca kali doook! Kan aku udh gak pake kacamata. Burem”

“oke. Jd gak keliatan ya. Yuk.. Kita mulai lasik. Sambil lasik, saya akan jelasin tahapan2nya apa aja”

This is it…..

Mata gue diganjel pake semacam alat gitu lah, gunanya buat nahan supaya gak kedip. Gak sakit kok, gak nyaman aja sedikit, tapi gak papa. Instruksi selanjutnya gue nantinya disuruh liatin titik merah yg ada di alat lasik itu.

Pas ngerjain mata pertama jelas deg2an, krn gue gak tau gimana prosesnya. Eh ternyata… Ya gak kerasa apa2 tuh. Mata kaya berasa disinar aja sik. Sama sekali gak ngerasa sakit. Dan ternyata CEPET BANGET! Gak sampe 10 menit udh langsung pindah ke mata selanjutnya. Total prosedur 20 menit lah kurang lebih, bahkan kayanya lbh cepet deh. Gak berasaaaaaa….
Gak semengerikan yang gue bayangin.

“Oke luc, selesai. Sekarang coba kamu bangun & baca jam yg td deh. Keliatan gak?”

Gue akan coba liat dgn mata baru gue nih… Untuk pertama kalinya…

Bismillah….

“jam 2.45 dok! AKU BISA BACA tanpa kacamataaaaaa!!”

Edan ih. Dalam itungan menit, gue yg tadinya mesti pake bantuan kacamata / lensa kontak utk liat, skrg udh bisa liat tanpa alat bantu. Dokter Hadi bilang, gunain matanya utk liat sesegera mungkin. Supaya terbiasa.

Rasanya abis dilasik? Mata agak ngerasa sedikit berpasir, tapi gak begitu mengganggu. Kita juga mesti ati2 gak boleh sembarangan kucek2 mata selama beberapa waktu, jangan renang dulu dan jangan make up an dulu dan sebisa mungkin kalo keluar ruangan pake kacamata item supaya terhindar dr debu.

Selesai semua prosedur lasik, gue lgs kerja. Sepanjang perjalanan di taxi gue bacain deh tuh semua billboard yg jauh2… Ih gilak! Seneng banget bisa lepas dr kacatama & lensa kontak.

Soal biaya, memang gak murah. Tapi pertimbangan gue adalah. Kalo beli lensa kontak mulu, kan keluar uang terus tiap bulan. Kacamata juga gak murah. Kalo diitung2, total uang yg dikeluarin gak murah juga. Lasik? Sekali bayar, tapi dapet mata baru yg lbh nyaman tanpa kacamata atau lensa kontak.

Analoginya, kalo lasik ini ibarat beli rumah, kalo lensa kontak kaya ngontrak. Buat gue lasik ya jd kaya investasi lah, dan jelas nguntungin buat gue. Krn ini udh gue lakuin taun 2005, sampe sekarang Alhamdulillah pengliatannya masih oke banget dan gak ada masalah apapun.

Tapi balik lg, kalo lo memutuskan utk lasik…pastiin di tempat yang terpecaya dan kualitasnya bagus. Kalo gue pribadi sangat amat merekomendasikan KMN krn dokter2 nya profesional, perawat2nya juga ramah, pokoknya nyaman lah di sana.

Kalo udh pengen banget lasik tp masih mikir2 terus, KMN juga rutin bikin seminar. Lo bisa dtg dan ngobrol lgs sama dokter2nya. Tanya aja sepuas mungkin.

Cekidot web nya KMN aja utk detailnya

20130717-195514.jpg

Advertisements

5 thoughts on “My Lasik Experience

  1. makasih banyak inpohnya mba lucy. jelas banget. aku ada rencana lasik juga soalnya, krn minus mata gede, jadi berasa susah. agak takut-takut, tapi semoga pas nanti waktunya lasik bisa berjalan lancar. *nabung dulu ah πŸ™‚

  2. Btari Intan Yulinsani says:

    Maaci info luar biasanya mba lucy
    aku rencana mau lasik jg nih soalnya minus mataku gede
    mudah2an semua prosesnya lancar yak aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s