Harga Temen

Yang pernah dimintain harga temen mana suaranyaaaa???

Gue nulis ini gara2 beberapa kali liat di twitter, org2 yg ngerasa gerah krn dimintain harga temen.

Mestinya kalo temen beneran ya gak minta harga temen. Hargain dong usaha temennya.

Kira2 nada protesnya gitu lah. Gue mengerti sekali posisi yg dimintain harga temen, pasti kesel. Tapi di sisi lain, gue juga ngerti gimana rasanya jd org yg minta harga temen itu….ya krn gue juga pernah ngelakuin itu. Ngaku ajalah..hihihi…

Kayanya, entar sadar atau enggak..seperti udah jd kebiasaan kita, kalo kita tau ada temen yg punya usaha, kata2 yg meluncur dr mulut kita adalah :

Diskon ya.

Duh sama temen aja mahal amat…

Gak dapet bonus nih?

Jadi kapan dong kita dapet GRATIS?     

Kesamaan dr kalimat2 di atas apaan coba! Yak tepat! Minta keistimewaan alias privillage.

Gak salah juga sih yg minta. Namanya juga usaha, mumpung kenal kan? Tapi kalo yg dikasih job atau punya usaha jd kesel krn lo minta diistimewakan…ya gak bisa disalahin juga kan?

Gue jadi inget Almarhumah Mama. Dia yg ngajarin dan ngingetin gue untuk gak minta perlakuan istimewa, dr siapapun. Apalagi minta diskon gede dr temen sampe dia nombok. apalagi minta gratisan. JANGAN SAMPE!
Mama pun sampai akhir hidupnya konsisten menjalankan apa yg dia nasehatin ke gue.
Tiap dia mampir ke Holycow! dia gak pernah sebelumnya bilang ke gue. Ya tau2 dia muncul aja buat makan. Kalo ada antrian, Mama juga ikutan ngantri dengan tamu yg lain. Dan tentunya Mama bayar juga, gak gratis. Minta diskon juga gak pernah. Sampe suatu saat pernah ada temen Mama yg bilang ke dia :

“Lah, bu Ida kalo ke Holycow! kok antri juga? Trus bayar? Kan punya anaknya..gimana sih?”

Jawaban mama :

“Anak saya dan suaminya itu buka warung krn mau cari nafkah yg halal buat keluarganya. Mereka kerja keras untuk itu. Bukan buat main2. Saya ikutan antri dan bayar spt pelanggan yg lain krn menghargai usaha mereka. Bukan berarti dia anak saya terus saya minta perlakuan khusus, justru saya sebagai ibunya harus ,mendukung. Dan ini bentuk dukungan saya….”

Mungkin ada yg mikir, gue anak durhaka kali ya. Ibu sendiri kok dibiarin antri dan bayar. Tapi pas gue bahas sama Mama, beliau memang bersikeras. Pokoknya gak mau dapet perlakuan khusus.

Nawar? Boleh2 aja. Tapi bukan berarti krn lo nego sama temen trus jd sadis nawarnya. Biar gimanapun bener kata nyokap gue..kita hrs menghargai kerjaannya dia. Kita mesti inget, temen kita cari nafkah dr apa yg dikerjainnya. Jangan sampe kita asik2 nawar demindaoet harga yg bagus buat kita, eh dia malah jd kesusahan. Jd ada baiknya sebelum lo tawar menawar, cek dulu harga pasarannya berapa. Itu yg dijadiin patokan, jgn lbh rendah dr harga pasar nawarnya trus lo labelin harga temen :))

Advertisements

5 thoughts on “Harga Temen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s