Resep Donat Kentang Non Gluten

Resep donat kentang

Bahan :

2 kentang ukuran sedang, cuci & kupas
Butter 1 sdm
1 telor
150 gram tepung non gluten, self raising
Minyak untuk goreng

NOTE:
*kalo mau lgs pake terigu bisa. Kalo mau pake non gluten, bisa pake tepung self raising merk orgran.
Kalo gak ada tepung non gluten bisa pake tepung mocaf atau maizena asal jangan tepung beras krn akan keras kalo digoreng.
Nah kalo pake tepung mocaf, maizena atau tepung dr umbi2an lainnya.. Tepungnya ditambahin 1sdt baking powder dan 1/2 sdt garem. Campuran ini kalo dimasukin ke tepung non gluten, efeknya kurleb sama kaya self raising flour.
Campurin tepungnya sendiri ya, sebelum proses dicampur sama kentang dll.
*tepung dr bahan dasar umbi biasanya punya wangi yg khas, kalo kurang suka bisa tambahin vanilla essence atau powder juga. Kalo powder lgs di tepung, kalo essesence pas udh campur sama kentang juga gak papa.

Cara membuat

1. Kentang dipotong kecil2 lalu di rebus sampai lunak…
Tiriskan, trus di mashed. Campurkan butter.

2.masukan tepung, telor..aduk sampai rata. Kalo masih terlalu lembut bisa ditambahin lagi tepunnya. Kira2 aja sampe dirasa adonan bisa dibentuk.

3.bentuk adonan spt donat di atas tray, setelah itu tutup pake serbet & diamkan 10-15 menit. Spy baking powder & garamnya bereaksi. Nanti adonannya akan naik, rada gembung gitu. Goreng deh di minyak yg agak banyak, deep fried. Angkat tiriskan.

4. Campur gula pasir & cinnamon di wadah, masukin donatnya ke situ, aduk. Kalo mau pake gula halus juga bisa, tp nunggu donatnya dingin dulu. Bisa dioles pake nutella juga! Huhuy!

20130423-071211.jpg

20130423-071241.jpg

20130423-071251.jpg

Advertisements

4 thoughts on “Resep Donat Kentang Non Gluten

  1. su tjin says:

    sis, bikin donut ini tanpa air atau ragi ya? pas dicampur semua bahan kan jadi kering,… langsung dibentuk aja ya? saya barusan coba, krn kering bnget saya masukin air. pas jadi dalemnya kaya elastis gitu.. bisa dibantu? thanx sis….

    • Hi Su…

      Kamu pakenya tepung apa? Kalo tepung beras emang keras. Kalo tepung mocaf atau tepung umbi lainnya justru agak susah kalis adonannya..

      Tp kalo kering, trik aku biasanya ditambahin susu dan butter sih biar lembut…

  2. su tjin says:

    aku pake tepung mocaf sis… kalo di dalemnya pas uda di goreng jd aga elastis dan lembut kaya karet gitu krn apa ya? apa ga kalis itu tadi? hahaha
    thanx ya sis… thanx a lotz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s