Packaging

Seberapa pentingnya Packaging? PENTING BANGET!

Buat gue, packaging itu analoginya sama kaya lo lagi liat seorang laki2 atau perempuan. Boong kalo lo gak liat penampilan luarnya dulu. Udah dari sononya, kita pasti akan tertarik sama sesuatu yg menarik secara tampilan fisik.

Makanya ungkapan dr mata turun ke hati itu bener banget!

Begitu juga dengan produk. Ada satu contoh nih.
Tau MISU kan? Tiramisu di dalem cup yg ada di Holycow! itu loh…. Yg kalo tweet trus dapet gratisannya…

Nah, itu kan awalnya usaha rumahan punya ibu & adik perempuannya Afit. Iseng2 aja tadinya, cuma jualan berdasarkan kalo ada pesanan atau dititipin di beberapa tempat. Awalnya, dikemas di cup plastik biasa yg dibeli di pasar. Merknya? Yah..boro2.. Gak ada merknya!

Terus..pas kita buka Holycow! pas 2010 lalu, si tiramisu tak bernama ini dipilih utk dijadiin salah satu gimmick marketing : kalo mention @steakholycow akan dapet 1 cup GRATIS (yg akhirnya berlangsung sampe skrg)

Ternyata eh ternyata…tiramisu tak bernama itu banyak yg suka! Ya emang enak sih…
Trus mulai deh kita bikinin label : Classic Tiramisu. Tapi kemasannya masih pake plastik yg sama. Buat pelanggan Holycow! yg awal2 pasti familiar banget deh dgn kemasan ini.

Udah lumayan sih…

Tapi Afit & gue masih gregetan sama si tiramisu ini. Krn sebetulnya ini produk yg bagus banget, pasarnya udah ada, pelanggan setia banyak. Tapi kok penggarapan bisnisnya spt kurang ‘galak’. Tapi ya krn yg jalanin juga ibunya Afit, jd mungkin buat beliau ini sudah cukup. Tapi buat kita, sebetulnya produk bagus ini bisa dikembangkan.

Akhirnya kita mulai kasih masukan utk mengganti kemasan dan ganti nama dengan yang lbh ‘catchy’
Hal ini dirasa perlu utk dilakukan kalau kita mau memperluas pasar. Rasa tiramisu yg enak tentunya akan semakin punya nilai lebih kalo kemasannya cantik.
Namanya dr Classic Tiramisu kita ganti jadi MISU, kependekan dr tiraMISU.
Kemasan juga kita buat sendiri, buat paper cup dengan design sendiri. Kebetulan utk design MISU, Afit sendiri yg ngerjain.

Secara resmi sejak awal 2012, MISU diperkenalkan. Nama baru, kemasan baru. Dan bener aja, sejak ganti kemasan, order jd meningkat dgn cukup signifikan. Org kantoran banyak yg ngirimin MISU ke koleganya. Di sini baru keliatan betapa pentingnya packaging.

Kalo lo udah punya produk yg kualitasnya baik, mesti ditunjang juga dengan punya kemasan yang baik juga. Sayang kan…kalo produk bagus gak bisa berkembang krn kita gak mikirin kemasan.

Gue sih mikirnya gini.. Kalo udh mau memulai sebuah usaha, jangan mikir “ah udahlah..gini2 aja juga gak papa kok”—> justru kita harus udh yakin bahwa usaha kita akan besar suatu saat & kita mesti punya ‘aim’ yang tinggi. Buat apa? Supaya kita terpacu terus buat ngembangin produknya. Buat apa memulai sesuatu kalo cuma dijalanin setengah2 ?

When you start something, do it with all your heart to make the best out of it.
Why settle for second best if you can be the very best?

20130205-052253.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s