Relawan AkBer

Hampir sebulan lalu gue ngajar di AkBer, tepatnya di Moestopo. Sempet gue posting juga di blog ini kok tentang materinya. Yg mau gue share di tulisan kali ini adalah soal kekaguman gue yg blm habis utk para relawan AkBer.

Waktu terakhir gue ngajar itu, sempet diliput sama DetikTV dan Media Indonesia. Selesai ngajar, 2 media itu melakukan wawancara singkat dgn gue.

2 media berbeda, tapi pertanyaannya serupa…dan bukan kali ini aja ada yg tanya ke gue : “kok mau ngajar gak dibayar?”
Seperti yg sudah-sudah, gue menjawab dengan jawaban yg serupa : ada kepuasan tersendiri saat kita bisa berbagi ilmu dgn org lain, dan itu tidak bisa dinilai dgn jumlah uang berapapun. Tagline Akber Berbagi Bikin Happy memang benar adanya.

Tapi ada satu hal yg gue tegaskan betul kepada 2 media yg mengulik soal AkBer malam itu. Terus terang gue merasa tidak layak untuk merasa hebat krn mau ngajar tanpa dibayar. Malam itu gue bilang :

“Justru yg lebih layak diberikan apresiasi dan yg dianggap hebat itu adalah para relawan AkBer”

Jujur, gue sih malu..kalo diundang ngajar AkBer trus males2an. Lah..masa cuma dtg sesekali aja males? Gue malu sama relawan2 Akber yg konsisten ngurus Akber. Mulai dr menghubungi guru, cari tempat, maintain account twitter, upload materi kelas ke website..dan banyak lagi!

Kenapa gue sampe segitu kagumnya? Lawong meraka juga punya kerja sehari2 kok, tapi kok ya mau ngurusin Akber yg notabene gak ada duitnya. Itu baru relawan Akber yg di Jakarta.
Pas ketemu dgn relawan2 Akber dr berbagai kota di Indonesia di LLD taun lalu di Bogor..itu lbh kagum lagi. Ada kok 1 kota yg pengurusnya cuma beberapa gelintir orang.

Jadi iya..sangat tidak pantas rasanya kalo gue merasa hebat hanya krn mau dtg ngajar dan tidak dibayar. Dibanding dgn relawan2 Akber, merekalah pahlawan sesungguhnya.

Konsisten terus yaaa 👍

Advertisements

2 thoughts on “Relawan AkBer

  1. Mewek baca tulisan ini. Senang banget karena Akber jadi bertemu dengan Lucywiryono dan kemudian kita bersahabat baik. Terimakasih mba Luc atas kesediaannya selalu untuk berbagi ilmu gratisan dengan kami :’)

    • AkBer ini jd salah satu jawaban dr pertanyaan besar di kepalaku selama ini mbak…

      “Bisakah kita rakyat biasa ini membuat perubahan dgn swadaya? Dgn kemampuan kita sendiri?”

      Akber membuktikan bahwa kita bisa berbuat sesuatu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s