now what?

“Can your passion save your sinking ship?”

Seorang teman baik pernah menulis kalimat di atas di tweetnya. Cukup MAKJELEGER buat gue.

Usaha warung steak yang dimiliki sama Afit dan gue memang berawal dari passion nya Afit untuk masak dan buka usaha sendiri. Sampai akhirnya dia memberanikan diri untuk keluar dari kantornya untuk mengikuti passionnya itu. Alhamdulillah sih berjalan baik sampai sekarang, meskipun ada tahapan2 yang harus dilewati…dan itu gak mulus juga gak gampang.

Selama ini mungkin orang banyak taunya sederhana. Temuin passion lo, kejar…jalanin…dan lo akan hidup bahagia karena udah bisa berkarya sesuai dengan passion lo. Padahal setelah kita menjalani, ternyata ya gak sesederhana itu.

Buat gue pribadi, passion itu juga bukan disempitkan jadi : temuin apa yang jd passion lo..terus lo keluar dr kerjaan sekarang..trus jadi pengusaha/entrepreneur atau apalah. Soalnya gue banyaaak banget ketemu orang2 muda yang berkesimpulan seperti ini. Padahal gak sesempit itu. Buat gue, bahkan lo jadi teller di bank, kerja jadi pengacara, dokter…itu bisa jadi dijalankan karena memang passion lo di situ.

Jadi ya…buat dedek-dedek yang mungkin masih bingung…galau..kerja kantoran pun bisa jadi itu adalah passion lo kok. Makanya kenali dulu diri lo sendiri dan dengarkan keinginan lo sendiri apa. Jangan asal ikut2an aja.

Kembali ke soal quote di atas. Menjalani sebuah usaha yang diawali dengan passion, gak gampang. Namanya juga usaha kan? gak mungkin mulus terus jalannya…pasti akan ada hal yang tidak menyenangkan akan lo temui di tengah jalan.

Yang kita rasakan adalah saat pecah kongsi. Keadaanyanya waktu itu memang gak mudah. Ada banyak hal yang harus diurus, banyak biaya yang harus keluar dan yang paling jadi pkiran kita saat itu adalah…. gimana nasib karyawan2 kita yang memilih untuk ikut Afit dan gue?

Bayangin aja..dari punya 2 outlet di jakarta dan 1 di singapore. Pas awal pecah kongsi…Afit dan gue hanya memiliki 1 outlet di Senopati. Sementara jumlah karyawan yang memutuskan ikut dengan kita jumlahnya 33 orang, yang notabene sebetulnya cukup untuk dipekerjakan di 2 outlet. Jadi ya memang kelebihan sumber daya manusia waktu itu. Tapi saat itu kita mikir, kita harus tetap menampung dan menggaji mereka. Sesulit apapun keadaannya, karyawan2 ini adalah amanah yang gak main2. Bukan cuma 33 orang loh…tapi buat kita itungannya ada 33 keluarga yang menggantungkan nafkahnya pada 33 orang tersebut.

Akhirnya kita putar otak, nabung…sampai akhirnya kita memutuskan untuk membuka outlet di Kelapa Gading pada bulan Juli 2012 lalu. Alhamdulillah akhirnya mereka semua tertampung dan sekarang jumlah karyawan kita sudah bertambah lagi.

Intinya apa?

Keadaan yang gue ceritain tadi adalah mungkin memang belum seberapa dibanding dengan usaha2 lain yang pernah mengalami turbulence yang lebih besar dalam menjalankan usahanya. Dibilang sinking ? ya mungkin enggak juga..tapi emang cukup bikin pusing ๐Ÿ˜€

Saat itulah, Afit dan gue mikir..yang awalnya dimulai dari passion… tapi saat keadaan sedang sulit, sebetulnya bukan lagi passion yang jd sumber kekuatan lo untuk bertahan. Tapi AMANAH Juga tekad. Terus terang waktu itu kita memposisikan diri kita di sisi karyawan, apa jadinya kalo gue dan Afit yg jd karyawan? Jangan sampai karyawan2 kita itu ikutan susah. Sebagai pemilik usaha, kita berdualah yang harus berdiri paling depan dan ngatasin semuanya..kalo bisa sih karyawan2 ini konsentrasi kerja aja dan cari nafkah buat keluarganya.

Makanya, kalo ada yg tanya soal awal usaha kita, perkembangannya dll…Semaksimal mungkin Afit dan gue gak mau jualan kecap. Kita gak mau cuma bilang bagus2nya aja dan menjual mimpi manis. Karena dalam pekerjaan apapun pasti ada resiko dan pasti ada sebuah tahapan di mana kita dihadapkan pada pilihan mau nyerah dan meninggalkan kapal atau tetap manjalankan amanah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s