review motoGP 2012

Musim motoGP 2012 tinggal 1 race lagi : Valencia.

Juara dunia musim ini sudah dinobatkan di race Phillip Island lalu, yup! Jorge Lorenzo kembali jadi juara dunia.

Apa yang menarik dari motoGP ini? hmm…dari peta kekuatan sih, jelas gak ada yang terlalu banyak berubah. Yamaha dan Honda masih mendominasi. Rider2nya pun yang memimpin tiap race ganti2an antara Lorenzo, Pedrosa, Stoner. Yah…ada sih beberapa kejutan..spt misalnya Crutchlow dan West sempet naik podium juga.

Salah satu yang paling mengejutkan di musim ini adalah saat Stoner mengumumkan untuk pensiun di musim depan. Alasannya sih katanya karena dia gak cocok dengan regulasi2 baru motoGP, tapi gak sedikit juga yang bilang, dia mundur karena faktor keluarga. Ya..kan udah punya anak, dan Stoner ini kayanya emang family man bener deh. Tapi ada juga yang memperkirakan Stoner bisa aja balik lagi ke motoGP 2 atau 3 tahun mendatang…kita tunggu aja ya…

Kalau buat gue pribadi, salah satu hal yang menarik di motoGP musim ini adalah kebangkitan Pedrosa. He’s a helluva rider, tapi terus terang selama gue mengamati, dia ini kalah galak dibanding rider lain. Padahal kalo soal skill sih udah pasti hebat lah, gak ada rider yang cupu yang bisa tampil di motoGP. Tapi liat sendiri kan dulu2 kalo Lorenzo udah di depan, Pedrosa gak bisa berkutik. Apalagi pas jaman jaya2nya Rossi, ditempel dikit..Pedrosa kaya gak mau ngelawan…

Tapi di 5-6 race terakhir di musim 2012 ini, ada sisi lain dr Pedrosa. Sisi yang selama ini gue tunggu2. Dia jadi lebih KOMPETITIF! Akhirnya motoGP pun juga jadi lebih seru.

Kompetisi musim ini juga diwarnai persaingan antar rider dr 1 tim yg sama : Yamaha Tech3. Dovi dan Crutchlow memang satu tim. Tapi sering banget mereka berdua ini dalam 1 race duel dan bersaing ketat satu sama lain.

Bradl, si juara dunia moto2 tahun lalu, juga bisa dibilang bagus penampilannya. Buat rookie, penampilannya cukup konstan loh! akan makin menarik saat pesaingnya di moto2 : Marquez akan naik kelas ke motoGP juga di musim depan. banyak rider senior yang udah gak sabar untuk jajal kehebatan nya Marquez. Karena si remaja 19 tahun ini memang penampilannya bisa dibilang sangat impresif!

Takutkah Bradl dengan masuknya Marquez tahun depan? Justru Bradl tetap percaya diri. dia bilang..dia punya keuntungan pengalaman setahun lebih lama di motoGP…itu kelebihan yang Marquez gak punya.

aaaak…seru!

Apalagi ya? oya..Ducati? ah..ya kalo Ducati sih masih gitu2 aja ya musim ini. Mungkin yang paling menarik berita dr kubu itu, justru krn The Doctor yang udah mengakui bahwa dia emang gak cocok menunggang motor itu. Memang riding style nya gak cocok. Belom lagi dengan desas desus komunikasi yang kurang bagus antara Rossi dengan Preziosi. Tadinya di musim ini masih sempet maju mundur tuh kabarnya…Rossi akan bertahan di Ducati, karena Audi kan take over Ducati. Rossi berharap akan ada perubahan signifikan dengan masuknya Audi. Tapi akhirnya Rossi sudah memutuskan. Dia balik ke cinta lamanya : Yamaha. dan sudah dikontrak 2 musim ke depan. Satu tim lagi deh sama Lorenzo.

Tentunya ini juga akan jadi menarik, gimana penampilan Rossi di Yamaha tahun depan. apalagi dengan posisi yang beda. Musim depan tentunya Yamaha menempatkan Lorenzo sebagai rider utamanya, Rossi? tentunya harus berusaha keras menunjukkan kepada banyak pihak bahwa dia memang masih bertaji..ya abeees.. selama di Ducati dia melempem banget. Banyak orang yang udah menganggap dia udah ketuaan lah..udah kehilangan skill lah.. nah..tahun depan tentunya akan menjadi tantangan berat buat dia untuk bisa membuktikan bahwa dia belum habis!

gak sabar buat motoGP tahun depan…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s