Maunya Apa?

Beberapa hari ini atau bahkan bisa dibilang seminggu terakhir lah, media ramai2 kembali ngomongin Jokowi. TV, Koran dan dunia social media tentunya semua ikut ramai2 ngobroli soal sepak terjang Jokowi yang baru aja dilantik jadi Gubernur DKI.

Kunjungannya ke bantaran kali Ciliwung, Rusun untuk nelayan di Marunda sampai yang paling baru adalah sidak ke kantor kecamatan dan kelurahan. Nah..yang sidak ini yang paling rame diomongin kayanya.

Ada beberapa hal yang gue amati dari pembiacaraan yang terbaca di TL gue di twitter.

Yang seneng Jokowi sidak? banyak! Bahkan banyak yang menjadikan sidak ini sebagai momentum untuk mengucap ‘SUKURIN LO’  kepada oknum pelayanan publik yang tidak bekerja dengan baik..yah..gue yakin sebagian besar dari kita pernah ngalamin kejadian gak enak ini.

Yang berkomentar negatif  karena aksinya Jokowi? ya gak sedikit juga.

Segala macem alesan diungkap. Mulai dibilang lebay, dibilang itu bukan job desc nya…dan tentu saja kata2 PENCITRAAN terdengar kembali pemirsaaaaa…bosen!

Kalau dulu punya Gubernur yang terlihat cuek, ngaku ahli tapi gak bisa ngapa2in…mau marah2? ya silakan aja sik..gue pun kesel.

Nah sekarang Gubernurnya udah ganti, dan keliatannya sih sejauh ini mau kerja bener ya..lah kok masih marah2 juga? kok masih berkomentar negatif juga? Jadi maunya gimana?

Buat gue sih, kalo lo marah sama keadaan tertentu..okelah..tapi kalo keadaannya udah berubah tapi lo masih marah2 dan kesel juga. kayanya masalahnya bukan pada keadaan atau pejabat nya deh..tapi lebih ke diri lo sendiri. Mau kaya apapun perubahannya, gak akan ada artinya dan gak akan bikin lo jd tenang juga kayanya.

Pernah gue tulis juga belum lama ini di postingan lain bahwa, kenapa gue pas pemilukada kemarin milih Jokowi karena ya..ngapain pilih org yg sama kalo hasil kerjanya udah jelas keliatan kurang berhasil..mending bertaruh dan pilih yang baru sekalian. Gue sama sekali bukan penganut kultus individu. Terima kasih kepada Almarhum Papa yang selalu mengingatkan gue untuk jangan pernah berlebihan memuja orang lain. La wong sama2 manusia kok, kalau dia punya kelebihan…kagumi..pelajari dan gali potensi diri. Gak perlu puja-puji karena toh tiap orang pasti punya kelebihan sendiri2.

Makanya sejujurnya, menurut gue apa yang dikerjakan Jokowi dan Ahok ini biasa2 aja. Mereka memang melaksanakan tugas yang seharusnya mereka lakukan. kenapa jadi terksesan luar biasa? soalnya kita udah terlalu sering dicekokin dengan pemandangan oknum pejabat yang mentalnya feodal, maunya dilayani bukan melayani, bukannya mempermudah tapi mempersulit, apa2 perlu uang pelicin dan kerjanya sama sekali gak becus.. ya kan???

Eh tapi GAK SEMUA! makanya gue sebut oknum. gue yakin kok masih banyak pegawai pemerintah yang niat bekerja dengan tulus dan bener2 rajin, tapi ya meungkin emang jarang keliatan..makanya pas kita liat ada yang beneran kerja dan melayani jadi heran sendiri. Dan jika ada di luar sana ada pegawai pemerintahan yang baca blog ini dan anda termasuk golongan yang bekerja dengan tulus dan berkomitmen tinggi…saya beneran salut sama anda. Gak gampang untuk bisa mempertahankan komitmen di tengah lingkungan yang ‘tercemar’ belum lagi ditambah dengan suara2 sumbang yang mungkin semakin menciutkan hati.

eh kan jadi ngelantur….

Kembali ke Jokowi. Dia biasa2 aja kok, sejak jd Walikota Solo pun kiprahnya yang semacam ini sudah pernah kita dengar. Jadi ini bukan hal baru. Gak perlu juga skeptis duluan, apalagi sampe dikit2 ngecap pencitraan..duh plis deh… kaya gak ada istilah lain aja….

Keseringan skeptis juga gak enak buat diri kita sendiri kok, capek sendiri..mending liat dulu aja sampe mana sih aksinya? Tungguin aja dulu…

Toh kalau segala sepak terjang pejabat baru ini mendatangkan perubahan yang baik, yang akan seneng juga kita kan?

Advertisements

One thought on “Maunya Apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s