#PEMILGO

Pasti udah banyak tau lah, kalo warung gue dan Afit memang mengalami perubahan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Berawal dari pemisahan usaha dengan ex partner yang secara resmi sudah terjadi sejak tanggal 10 Mei 2012 (berdasarkan akte notaris). Perubahan pertama yang terjadi saat itu adalah dengan penggantian nama warung kita menjadi :

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit.

Account twitter semula dinonaktifkan dan sekarang ganti menjadi @steakholycow —>; Afit dan gue benar2 membangun lagi followers baru dari 0, dalam arti kata sebenarnya. Dari memiliki jumlah followers dengan jumlah yang cukup besar (29.000) kita harus memulai lagi dr titik nol. Berat? tentulah… Meskipun begitu, kita berdua tetap bertahan pada pakem marketing lewat Social Media yang memang kita anut sejak dulu, yaitu semuanya harus organik, natural, tumbuh dengan sendirinya. Jadi kita memang tidak menggunakan buzzer baik perorangan/komunitas atau lainnya yang sengaja dibayar. Nama account boleh berubah, tapi spirit marketing SocMed nya tetap kita jaga seperti semula.

Kita sadar betul, belum semua orang sadar dengan adanya perubahan ini. Banyak yang masih belum ‘ngeh’ perbedaan yang ada. Lalu suatu hari kita berdua mikir..kenapa juga kita berani untuk berubah total? Kalau nama warungnya saja sudah berubah, kenapa juga logonya gak sekalian ganti? Re-branding total ajalah.

Keliatannya aja sih gampang ya, padahal kita berdua juga mikir ribuan kali sampe akhirnya benar2 memutuskan untuk benar2 berani melakukan perubahan logo ini. Karena tentunya setiap langkah akan mengandung sebuah konsekuensi. Kita mencoba mempertimbangkan baik buruknya jika kita benar2 mengganti logo. Gimana nanti efeknya ke konsumen? gimana cara mereka familiar dengan logo baru kita nantinya?

Kemudian datanglah euforia Pemilukada DKI! Foke vs Jokowi. Terus terang inilah inspirasi lahirnya #PEMILGO

Gue yakin kita semua yang mengikuti jalannya Pemilukada DKI kemarin kebanyakan sependapat bahwa inilah salah satu pesta demokrasi yang benar2 terasa ‘pesta’nya. Partisipasi publik begitu luar biasa, keterlibatannya untuk ikut memilih begitu terasa.

Kenapa juga kita gak bikin sistem seperti Pemilukada kemarin untuk penggantian logo? lahirlah #PEMILGO (PEMILihan loGO)

Ada 4 orang hebat yang kita hubungi untuk ikutan di project ini : Pinot Ichwandardi, Glenn Marsalim, Andira Pramanta, Yodee Van Der Woodsen. Keempat orang ini mendesain logo BARU untuk warung kita sesuai dengan kreativitas mereka masing2. Kita berdua paling hanya menentukan pakem2 tertentu, supaya ada kerangka untuk pengerjaan logonya. Akhirnya terkumpul 4 desain yang luar biasa.

Dari 4 desain ini, kita akan melempar ke Carnivores untuk memberikan suaranya untuk logo yang menurut konsumen paling keren dan paling cocok untuk Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit. Dengan konsep voting ini, paling tidak konsumen sudah ada awareness terlebih dahulu bahwa warung kita memang akan ganti logo. Awareness itu akan berubah menjadi sebuah engagement saat konsumen dilibatkan menjadi bagian dari proses pentuan logo BARU ini. Pada akhirnya rasa memiliki konsumen akan warung kita menjadi semakin besar…lahirlah attachment.

Persiapan #PEMILGO ini memang memerlukan waktu yang sangat panjang. Kita pun sangat beruntung karena didukung oleh banyak teman2 kita seperti : Coca-Cola Amatil Indonesia, Wooz In, Tees Indonesia, Minilovebites, Wondershoe, Nasi Ayam Jagoan, MISU, Dapur Cokelat.

;

Jadi ya itulah cerita singkat di balik pemikiran lahirnya #PEMILGO. Buat kita berdua, ini lebih dari sekedar ganti logo dan gimmick marketing. Tapi semangatnya adalah keberanian untuk perubahan,keberanian untuk keluar dari masa lalu dan membuka lembaran baru yang benar2 bersih. Buat apa terus sembunyi di balik glorifikasi masa lalu? Kenapa harus takut mengakui kalau memang ada perbedaan.

Embrace change, dare to change for the better

20121011-163258.jpg

Advertisements

3 thoughts on “#PEMILGO

  1. booook… selamat ya ini #PEMILGO hits & sangat menghibur. Sukses terus yaak… Gue mau vote lagi ah… hahahaha

    btw, template blog kita samaan… tanda2 selera yee… 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s