#ACMI Aku Cinta Masakan Indonesia

Beberapa hari yang lalu, Afit dan gue mendapat kesempatan untuk ketemu dengan orang2 yang luar biasa. Kita diundang sama Oom William Wongso untuk icip2 masakan Indonesia.

Selama kita kenal dgn Oom William ,beliau memang banyak sekali cerita tentang beragam macam makanan di dunia. Tapi satu yang gak pernah lepas diomongin adalah kecintaannya terhadap masakan Indonesia. Dia selalu bilang betapa kita ini, yang muda2 banyak yg kurang menggali kekayaan dr masakan Indonesia.

Ternyata undangan malam itu temanya ya buat mengenalkan ke kita2 tentang beragam masakan Indonesia. Segala macam hidangan tersaji di meja dengan begitu menggoda. Mulai dari Jambal, Gule Kepala Ikan, Anyang, Bandeng Kluwek Bungkus Daun Mengkudu, Gadon Daging, Garang Asem, Klaapertaart, Udang Masak Daun Kari dan banyak lagi!

Satu-satu kita icip, dan rasanya memang luar biasa. Khas masakan Indonesia yang kaya akan rempah, berani bumbu. Terus terang ada banyak masakan Indonesia yang ternyata gue gak tau. Mungkin ada yg pernah makan, tapi gak tau namanya. Mungkin ada yg pernah dengar namanya tapi gak pernah icip.

Malam itu hadir juga Pak Bondan. Berdua dengan Oom William mereka cerita tentang betapa kayanya rahasia Masakan Indonesia. Mereka berdua juga sempat bilang, generasi muda Indonesia harus kenal masakan Indonesia, setelah kenal mereka bisa mencintai, setelah mencintai akhirnya bisa mempromosikan dan akhirnya menaikkan pamor.

Pak Bondan “rendang itu bisa diangkat sama CNN, krn kita beruntung. ‘Bejo’ padahal kita gak ngapa2in. sudah saatnya kita melakukan sesuatu”

Om William “Menaikkan pamor? Masakan Indonesia itu blm sampe ke pamor, dikenal saja belum kok. justru itu harus dimulai dr kenal lbh dekat dulu”

intinya malam itu, sejumlah orang2 yang peduli dengan Masakan Indonesia ingin mengajak kita semua untuk kenal lebih dekat lagi dengan masakan Indonesia. Gerakan #ACMI Aku Cinta Masakan Indonesia ingin mengajak kita semua untuk lebih peka. Masakan Indonesia itu bukan hanya sekedar hidangan untuk mengisi perut, tapi kita diajak untuk mengenali prosesnya, apa cerita di balik kreasi hidangan itu. Karena tiap masakan yang istimewa tentunya ada cerita menarik di balik hidangan itu.

klise memang. tapi benar adanya. kalo bukan kita yg cinta Masakan Indonesia, terus siapa lagi? apa kita mau mengulangi pola yg sama terus menerus? Setalah diklaim negara lain trus kita baru marah2? padahal skrg masih ada kesempatan untuk menunjukkan kecintaan kita dan menjaga warisan masakan Indonesia.

Sama2 yuk, tiap menikmati masakan Indonesia kita biasakan untuk gak cuma sekedar makan. Tapi coba gali lbh dalam lagi.

20120920-060548.jpg

20120920-060614.jpg

Advertisements

2 thoughts on “#ACMI Aku Cinta Masakan Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s