(C)SR? Lebih Pas (W)SR Sih..

Sebetulnya gue udh cukup lama denger soal program Save A Teen nya Sampoerna Foundation. Intinya sih, ini sebuah program yg membantu memberikan pendidikan yg lbh baik utk remaja Indonesia.

Beberapa bulan lalu, pas banget ada org dr Sampoerna Foundation yg telp lgs ke gue dan ngajak warung kita buat kerjasama. Teman2 Sampoerna Foundation yg namanya Tobias dan Okki ini kebetulan emang pernah beberapa kali makan di warung kita, sampe akhirnya kita ketemu dan dijelaskan tentang cara kerja program Save A Teen ini.

Gampang aja sih sebetulnya, warung kita menyisihkan sebagian keuntungan yg kemudian didonasikan untuk Save A Teen. Akhirnya Afit milih salah satu menu yg penjualannya bagus, yaitu : Buddy’s Special. Mikirnya sederhana aja, krn menu itu banyak dipesen orang, artinya dana yg terkumpul juga akan makin banyak toh? Jd makin banyak yg bisa terbantu. Kerjasamanya sendiri selama 6 bulan, bahkan tidak menututup kemungkinan utk bisa diperpanjang.

Gue pernah bilang kan, salah satu ‘value’ yg kita percaya dlm jalanin usaha adalah :

Bukan cuma orientasi sama profit semata, tapi usaha kita kalau bisa juga bisa memberikan benefit positif untuk banyak orang

Gue yakin banget banyak diantara kita yg gemes sama keadaan Indonesia. Marah2, sedih, emosi bahkan putus asa kalo kita udh mikir masa depan bangsa ini. Tapi masa kita gak lakuin apa2?

Fakta mengejutkan yg gue baca dr Kemendiknas di Tahun 2010 itu adalah banyak ya anak2 Indonesia yg putus sekolah. Dan sebagaian besar masalahnya ya klasik, gak punya biaya.

Dan tau gak? Ternyata jumlah pelajar Indonesia yg berkesempatan utk bisa terus ke universitas, hanya sekitar 18 PERSEN ! Lah gimana mau bersaing sama negara lain?

Kita semua tau lah, masa depan negri ini ya ada di tangan yg muda2 ini. Kalau mereka gak diberi kesempatan untuk mendapat pendidikan yg lbh baik, mau jd apa negara ini?

Anak & remaja Indonesia ini sangat amat berhak mendapatkan pendidikan yg layak. Kan di Pembukaan UUD 1945 aja itu udh tertulis sebagai amanat yg harus dipegang teguh.

Tanggung jawab pemerintah? Halaaah…kelamaan kalo nungguin pemerintah.. Lawong kita bisa gerak sendiri kok. Banyak pihak yg bisa diajak bersinergi untuk membuat perubahan yg lbh baik,kenapa harus nunggu?

Kitapun ngajak kalian yg mampir di warung kita untuk bisa jd bagian dr perubahan ini. Tinggal makan aja. Sederhana kan untuk bisa berkontribusi? Harganya Buddy’s Special ini gak kita naikin, kalian juga gak perlu bayar extra. Kaya biasa aja kok.

Perusahaan2 besar sudah sangat sering melakukan kegiatan CSR semacam ini. Nah warung pun gak boleh ketinggalan. Meskipun namanya gak cucok kalo CSR ya… Lebih ke Warung Social Responsibility sik.. Hihihihi…

Krn yg penting itu bukan soal besar kecilnya, banyak sedikitnya dana yg terkumpul..tapi kita melakukan sesuatu gak? Sesederhana apapun tindakannya kalau dilakukan scr kolektif dan konsisten..pasti dampaknya akan luar biasa.

20120910-161740.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s