#TanamSerentak 2 September 2012

mau cerita sedikit nih dari kegiatan #TanamSerentak 2 Spetember 2012 kemaren…

Sebuah kebanggaan, saat warung kita diajak pertisipasi dalam sebuah kegiatan yang monumental : #TanamSerentak ! Kenapa monumental? ya bayangin aja… 23 kota se-Indonesia pada tanggal 2 September 2012 berkebun bersama2! GILAK KAN!

Buat gue pribadi sih ini monumental banget karena sebetulnya kegiatan berkebun itu kan sederhana banget ya. Semua orang bisa ngelakuinnya, di mana aja dan kapan aja. Tapi saat sebuah kegiatan sederhana ini dilakukan secara bersama2 dan serentak, di 23 kota se-Indonesia…merinding rasanya.

Terus terang ini adalah untuk pertama kalinya gue dan Afit melihat dari dekat kegiatan teman2 Indonesia Berkebun. Yakan biasanya cuma liat hasil kebunnya aja dikirim ke warung kita ;D

Ternyata…kita salut banget sama teman2 @Jktberkebun khususnya dan seluruh kota yang tergabung dalam @IDBerkebun .

Gimana gak berkesan? mereka ini bukan petani2 profesional loh, lawong belajarnya juga otodidak. Mereka bahkan ya kaya kita2 ini, punya pekerjaan sehari2…ngantor! Tapi kok ya masih sempet aktif di komunitas seperti ini? Yang notabene NON PROFIT! gak ada duitnya gitu loh…. SALUT!

Salah satu yang menarik dari kegiatan #TanamSerentak kemarin ini adalah gimana kita diajarkan untuk berkebun di lahan terbatas sekali pun. Tau sendiri kan..masalahnya hidup di kota besar. Boro2 mau nyisain tanah buat berkebun, buat rumah atau apartemen aja udah mepet tempatnya. Tapi ternyata bisa kok.

@beriozka dr @JktBerkebun sedang briefing singkat sbeelum kegiatan #TanamSerentak dimulai

Botol2 plastik bekas, karton susu bekas ternyata bisa digunakan sebagai media untuk berkebun juga. Camp Senopati & Gading menjadi contoh yang sempurna untuk itu, secara semuanya beton ya neik! di Camp Senopati sendiri semua botol2 bekas yang sudah ditanami bibit itu digantung di sebuah besi yang terpajang di depan Camp. di Camp Gading, kebunnya ada di rooftop!

Kenny dr @JktBerkebun sedang menjelaskan bagaimana memanfaatkan botol plastik bekas sbg medium berkebun

Yang bikin gue dan Afit takjub juga adalah, ternyata…yang dateng ke acara #TanamSerentak itu banyak yang gak saling kenal loh. Ya kenalan aja gitu di Camp. Jadi selain menambah ilmu baru soal berkebun, nambah teman baru juga.

#TanamSerentak memang sudah selesai, tapi akan ada keseruan lagi tanggal 23 September. Akan ada #PanenSerentak ! Di sini akan ada surprise dari teman2 @IDBerkebun . Apaan hayooo? Ditunggu ya ๐Ÿ™‚

Yang jelas gue dan Afit ingin mengucapkan terima kasih dan rasa salut kita yang luar biasa untuk seluruh penggiat @IDBerkebun yang sudah secara konsisten melakukan kegiatan ini. Berkebun ini kan sebetulnya kegiatan yang sederhana saja, tapi punya tujuan yang sangat positif. Jika sebuah kegiatan sederhana bisa dilakukan secara konsisten dan bisa menularkan semangat positif nya ke banyak orang, tentu hasilnya akan luar biasa. Indonesia bisa menjadi lebih baik ๐Ÿ™‚

ada teman2 dari @LevitasiHore , mas @wasisg dari Kopi Tiam Oey juga ikut partisipasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s