Creative Junkies Updated

Siapakah orang pertama yang mendengar ide gila suami gue : Afit Dwi Purwanto, soal keinginannya berbisnis?

Bukan gue, yg notabene istrinya.

Tapi orang itu adalah mas Yoris Sebastian.

Pokoknya, tau2 suatu hari Afit ketemuan sama mas Yoris dan cerita tentang keinginannya berbisnis F&B. Yg singkat cerita akhirnya melahirkan Holycow! STEAKHOUSE By Chef Afit yg berdiri sampai sekarang.

Komentarnya mas Yoris waktu itu adalah : “Fit, F&B business is a very tiring business. Capek banget! Udh siap?”

Nah, gak lama stlh itu gue liat Afit suka nenteng2 buku Creative Junkies nya mas Yoris. Berulang kali Afit nyuruh gue baca krn buku itu keren banget katanya! emang udh kaya kitab suci buat dia deh.

Bener aja….

Isinya memang sangat menyenangkan. Ngomongin kreativitas dgn cara yg sederhana tapi kena…applicable!

Salah satu cara untuk membangunkan otak kita spy jd kreatif adalah berani keluar dr kebiasaan2 sederhana. Misalnya : biasanya pake jam di kiri, skrg pindahin ke kanan. Rasakan apa efek perubahan kecil itu.

Ada banyak hal penting yg Afit ambil dr buku itu, yg akhirnya diterapkan untuk menjalankan Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit.
Tapi salah satu sabda terpenting dr Creative Junkies adalah :

thinking outside the box, execute inside the box

Penerapannya gimana sik?
Thinking outside the box —> dulu blm pernah ada yg jualan Wagyu Steak dgn harga murah. Rata2 org hrs makan Wagyu di resto mahal dgn harga perporsi 300 sampai 600rb per porsi. Di sini Afit melihat celah, harusnya Wagyu Steak bisa dinikmati siapa saja dgn harga yg murah. “Wagyu for everyone” –>itulah konsep out of the box yg mungkin dianggap gila oleh banyak org waktu itu. Masa’ makan Wagyu di warung? But hey…why not?

Execute inside the box—> ide boleh gila. Tapi pelaksanaannya gimana? Modalnya gimana? Caranya supaya bisnis itu bisa sustainable gimana? Cash flownya?
Dgn modal yg Afit punya saat itu, pilihan terbaik adalah dgn memulai usaha dgn konsep warung. Gak ada uang utk bisa sewa tempat permanen. Konsep marketing? Gak ada uang utk pasang iklan di media mainstream ( media cetak, apalagi elektronik) makanya kita pilih twitter. SocMed marketing lah judulnya. Itupun tanpa bayar buzzer dsb, krn Afit percaya buzz itu ya harus organik. Kalo bisa kasih produk yg bagus dan pelayanan yg baik, buzz itu akan datang dgn sendirinya…natural..jujur.

Pengaturan cash flow juga salah satu hal yg penting dlm eksekusi. Hal terpenting yg dipikirin Afit waktu itu adalah, gimana supaya Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit ini bisa tetap menggaji karyawan2nya, jika kita menghadapi skenario terburuk : produknya gak laku! –> ini jd pertimbangan utama dlm menyusun langkah usaha.
Kalo buat Afit & gue, seandainya dulu warung kita gak berhasil..toh kita masih bisa cari jalan lain utk cari penghasilan lain. Nah karyawan kita gimana? Spt yg pernah gue tulis di posting sebelumnya, mrk ini kan amanah yg luar biasa besar buat kita. Mrk tanggung jawab kita. Gak bisa dgn seenaknya saat usaha kita gak berjalan trus kita pecat mrk begitu aja dan bilang “dah neeeek!”
Itungan2 gaji plus pesangon jika kita sampai menghadapi resiko terburuk tetap diperhitungkan.

Kan.. Emang gak gampang executing inside the box kan? Semua ide kreatif memang harus dipikirkan gimana dampak dan konsekuensinya. Trus kitanya mampu atau enggak? Bukan cuma sekedar punya ide gila, kreatif tapi buat seseruan aja dan malah gak applicable.

Itu semua Afit belajar banyak dr buku Creative Junkies.

Kemudian, suatu hari mas Yoris ngajak kita ketemuan. Cerita bahwa akan ada kelanjutan dr buku pertamanya. Serunya adalah, di sini org akan melihat org2 pembaca Creative Junkies yg menerapkan apa yg dia baca dalam kehidupannya dan gimana efeknya.

Yup! Sebentar lagi akan keluar deh tuh : Creative Junkies Updated Version!
Dan ternyata Afit terpilih jd salah 1 dari 9 org yg tampil di cover buku tersebut!

Sebuah kehormatan yg luar biasa buat kita. Terima kasih banyak mas Yoris! 🙂

Yg jelas buat kalian yg belum pernah baca buku Creative Junkies yg pertama, itu adalah buku yg wajib diburu! Krn semua isinya sederhana dan sangat bisa diterapkan. Berulang2 gue dan Afit baca buku itu, sampe akhirnya tampilannya udh kucel, penuh marker dan lipatan halaman. Hihihi….

Gak sabar lah nunggu Creative Junkies Updated Version! Sukses untuk bukunya mas Yoris 🙂

20120807-113858.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s