Valencia 2011

Mungkin seri Valencia tanggal 6 November 2011 lalu adalah salah satu race yang paling berkesan selama gue jadi host motoGP di Trans7

Dari sebelum race dimulai, sejak free
practice
sepertinya hampir semua rider sibuk membuat tribute untuk Marco Simoncelli. Mulai dari design khusus baju balap,helm, fairing pada motor bahkan truck pengangkut Ducati pun tidak lepas dari nomor 58, nomor kebanggaan SuperSic.

Rencana one minute of silence pun sudah siap diubah jadi one minute of chaos sesuai dengan permintaan Paolo Simoncelli, ayah Marco. Gak kebayang sih akan seperti apa one minute of chaos itu. Yang jelas tribute itulah yang sangat ditunggu oleh semua penggemar motoGP di seluruh dunia.

Tribute For Simoncelli
Tribute ini memang direncanakan dilaksanakan sesaat sebelum semua race dimulai. Terlihat semua pekerja paddock, semua panitia race, jurnalis berjalan ke race track di Valencia. Semuanya..tanpa kecuali.
Yang bikin makin merinding, saat semua rider dari semua kelas (125cc, moto2, motoGP) keluar dengan menunggang motor andalannya dari paddock…semuanya menuju race track sirkuit Ricardo Tomo bergabung dengan seluruh keluarga besar motoGP lainnya…demi penghormatan terakhir untuk Simoncelli.
Semua rider mengelilingi track Valencia, terlihat Valentino Rossi satu2 nya rider yang tampail begitu maksimal dalam lap penghormatan itu. Rossi mengenakan kaos bertuliskan “58 SuperSic Supporter” lengkap dengan membawa bendera besar berlambangkan nomor 58. Benar2 mengharukan.
Semua rider lebur di track Sirkuit itu, motor mendiang pun juga ikut melakukan lap penghormatan itu. Legenda motoGP Kevin Schwantz yang menunggangi motor tersebut. Saat selesai mereka semua bergabung dengan seluruh pekerja motoGP. Motor-motor mereka dibariskan dengan rapi, dengan motor Honda Gresini milik Marco Simoncelli berada di barisan paling depan….spanduk besar bergambarkan Marco dengan tulisan Ciao Marco ditarik hingga memenuhi salah satu dinding besar di sirkuit itu. Semua rider berbaris, melepas helmnya…kembang api mulai bersahut2an di langit Valencia yang mendung hari itu.

*video lengkap Tribute For Simoncelli di youtube*

Belum cukup gue terharu melihat tribute itu, saat Michele Pirro rider Italia dr Tim Gresini menang di kelas moto2….gue juga makin terharu. Pirro mendedikasikan kemenangannya untuk Marco. Sang pemilik tim Fausto Gresini pun tak kuasa menahan haru.

Seolah hari itu memang didedikasikan khusus untuk Marco Simoncelli. Rider-rider dan semua pekerja paddock yang selama ini mungkin terlihat bersaing sengit di race track, tapi hari itu semuanya satu. Semuanya dirangkul rasa persaudaraan yang luar biasa untuk memberikan penghormatan terakhir untuk salah satu anggota keluarga mereka…Marco Simoncelli.

20111109-134920.jpg

20111109-134936.jpg

20111109-134948.jpg

20111109-134942.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Valencia 2011

  1. Sebuah penghormatan yang sangat layak diterima oleh Super Sic ya mbak..

    Dan jalannya balapan juga tidak kalah seru dan dramatis, walaupun akhirnya kalah, tapi Ben Spies menjadi “man of the match” dalam seri penutup MotoGP 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s