Public Service

di postingan kali ini, gue akan cerita tentang pengalaman Public Service di Singapore yg gue alami pas ngurusin dokumen2 yang hilang pas gue kecopetan di sana. Kali aja ada di antara kalian yang mengalami hal serupa jadi tau mesti gimana ngurusnya…tapi ya amit2 sih, jgn sampe kejadian *ketok kayu* *amit2* . Pengen sharing juga sih gimana pelayanan publik di Singapore.

Tanggal 12 Oktober 2011…..baru pertama kalinya dalam seumur hidup kehilangan paspor. Tas travel suami gue,digondol maling pas kita lagi makan siang di Food Republic,Wisma Atria Singapore! iya….di Singapore! sejujurnya kita memang gak pernah nyangka akan kecopetan negara itu. Memang Singapore negara dengan low crime rate but low crime rate doesn’t mean there isn’t no crime at all, right?

Pas kejadian, kita langsung cari manajer Food Republic . Lawrence, sang manajer dengan sangat koperatif menawarkan untuk melihat CCTV yg ada di lokasi tersebut. Sialnya, angle CCTV itu tidak menangkap posisi tempat duduk kita…jadi gak keliatan apa2. Tapi Lawrence memberikan alamat kepolisian, di mana kita bisa membuat laporan yang nantinya bisa digunakan untuk mengurus Special Pass (dari Immigration & Checkpoints Authority Singapore) dan Paspor Perjalanan Sementara dari KBRI Singapore.

Tujuan pertama : Orchard Neighborhood Police Station Letaknya gak jauh dari MRT Somerset, di persimpangan Killiney Road. Kantor Polisinya cukup nyaman dan bersih, gue dan anak gue bisa duduk dengan nyaman sambil nunggu suami gue bikin laporan kehilangan. Polisi yang melayani pembuatan laporan itu juga cukup ramah dan informatif. Langkah selanjutnya adalah ke kantor imigrasi Singapore. Tapi berhubung udah sore, kita gak bisa ke sana…. kantor imigrasinya tutup jam 3.30 sore.

besok paginya, jam 8 pagi kita udah nangkring di Immigration & Checkpoints Authority (ICA) . Lokasi kantornya : 10,Kalllang Road. Persis di sebelahnya MRT Lavender, gampang banget lah akses ke sananya.
Ambil nomer antrian dulu…terstruktur bener deh. Untuk urusan paspor hilang sudah ditentukan kita harus pergi ke counter mana, lengkap dengan informasi ada berapa orang yang sedang antri untuk mendapatkan pelayanan. Karena masih pagi, kita gak menunggu terlalu lama.Kita langsung mengurus Special Pass ,itu semacam ijin keluar dari keimigrasian Singapore. Dokumen yang diperlukan diserahkan kepada petugas, apa yang harus kita lakukan juga dijelaskan dengan sangat jelas dan ramah pula. Kita disuruh balik lagi ke counter itu 1,5 jam kemudian. eh, ternyata belom nyampe waktu yg ditentukan kita udah dipanggil lagi….Special Pass kita udah jadi! cepet! tanpa keluar uang sepeser pun πŸ™‚

Abis dari ICA kita langsung meluncur ke KBRI di Chatsworth Road. Nah, di sini memang sistemnya lumayan rapi sih…tapi kalo dibandingkan dengan di ICA tadi ya….masih harus lbh ditingkatkan (cieh..bahasanya normatif)
Tertulis di papan pengumuman—> Submission : 9-12 (untuk masukin dokumen jam 9-12 siang) kalo dokumen masuk sesudah jam itu, pemrosesan baru akan dilakukan hari berikutnya.
Waktu itu semua dokumen udah kita masukin sebelum jam 12, kirain paspor sementaranya akan keluar hari itu juga, eh ternyata baru besoknya. Sebetulnya sih gak masalah, tapi sayangnya petugas di sana gak memberikan penjelasan yg detail tentang mekanismenya. Mungkin terlalu sibuk kali ya. Memang cukup ramai sih di KBRI hari itu. Tapi sepertinya bukan cuma gue yang bingung dengan sistem pengurusan di sini, ada seorang ibu2 India yg lagi ngurus dokumen utk pembantunya,marah2 ….. “there is no system ethics here” nah… lo…gue gak tau deh tuh dia masalahnya gimana. Tapi beberapa kalipun gue juga ditanya sama org asing di mana loket utk mengurus ini itu. lah wong gue sendiri juga nebak2 πŸ˜€
Akhirnya petugas memberi info bahwa paspor sementara gue akan keluar besok jam 11 siang. biaya untuk mengurus paspor : SGD $ 7 per paspor.
Apresiasi juga untuk KBRI sih, karena keesokan harinya paspor kita beneran jadi tepat jam 11 siang….sesuai janji. CIHUY! Sebetulnya lumayan rapi kok kerjanya KBRI, tapi ya itu mekanisme pengurusan harusnya lbh dijelaskan dengan detail supaya org yg baru pertama kali ngurus dokumen di situ jadi gak bingung πŸ™‚

Akhirnya beres juga semua dokumen yang diperlukan untuk bisa pulang ke Indonesia, sampai di Changi semua domumen dicek lagi oleh petugas imigrasi Singapore. Mereka sempet tanya juga di mana kejadiannya kita kehilangan paspor, setelah selesai mereka dengan logat Malay bilang “Jangan jera berkunjung ke sini ya…lebih berhati2 ya..selamat jalan”

Gak tau kita yang beruntung mendapatkan petugas2 di Singapore yang ramah2 dan informatif atau memang itu adalah standar pelayanan publik yang diterapkan di Singapore. Yang jelas sih selama di Singapore gue mendapatkan pelayanan yang cukup ramah, informatif dan rapi.

oya, ini beberapa info web, alamat tempat2 utk mengurus dokumen perjalanan di Singapore. Kali aja suatu hari kalian memerlukan :

Immigration and Checkpoints Authority
10,Kallang Road
Singapore
www.ica.gov.sg —> web nya sangat amat lengkap deh, termasuk ada info kapan hari2 sibuk yang sebaiknya dihindari untuk mengurus dokumen πŸ™‚

KBRI Singapura
7, Chatsworth Road
Singapore
www.kbrisingapura.com

Advertisements

3 thoughts on “Public Service

  1. Hahahaha… Geli juga ya ngliat kondisinya, selalu ada “sesuatu” tentang Indonesia πŸ˜€
    nggak kebayang kalo kondisinya dibalik, kita warga asing sementara pas berkunjung ke Indonesia paspor kita ilang, nah loh? ngurusnya pasti bakalan rumit (serumit Ducati buat Rossi kali ya?? :D) udah gitu ujung2nya banyak biaya..
    Padahal dari dulu Indonesia terkenal dg orang2nya yang ramah tamah, baik, sopan santun, tapi kenapa jadi begini? πŸ™‚

  2. donZema says:

    Kereeeen tante, jadi makin salut ama negara yg satu ini. Harusnya pemerintah Indonesia ga perlu malu ya utk mencontoh dari Singapore, toh itu semua untuk kemajuan bangsa & masyarakatnya sendiri. Semoga, someday..kita bisa melihat Indonesia terstruktur rapi seperti negeri jiran ini. Amieen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s