Komunitas SABER Paku

Udah pernah denger Komunitas SABER Paku? Belom? sama…gue juga :DHari ini gue di Pagi Jakarta gue ketemu dengan Pak Abdul Rohim dan Pak Siswanto. Mereka adalah dua orang dari keseluruhan 15 anggota yang dengan sukarela membersihkan jalan raya yang kita lewati sehari-hari dari ranjau paku. Komunitas ini bener2 relawan, karena mereka TIDAK DIBAYAR untuk melakukan hal ini.

Berikut obrolan singkat gue dengan Pak Abdul Rohim dan Pak Siswanto :

L : gimana sih Pak awalnya adanya komunitas ini?
AR : Saya pernah liat sendiri pengendara motor yang hampir celaka gara2 ranjau paku itu. Kebayang kalo yang naik motor itu lagi bonceng anak istrinya…kasian kan. Jadi ya kenapa gak saya melakukan sesuatu aja, menolong pengguna jalan yang lain.
S : Saya awalnya justru penasaran liat Pak Rohim mengambil paku2 di jalan pake magnet, setelah tau maksudnya…saya jadi ingin ikut membantu.

L : biasanya jam berapa mulai melakukan ‘pembersihan’ ranjau paku?
AR : jam 7 malem kita kumpul, mulai deh kita sisir jalanan. yang banyak itu di daerah Daan Mogot, Green Garden, Cideng sampai dekat daerah Istana Negara. Biasanya sih bisa sampe jam 1.30 dini hari baru selesai. Paginya kita kerja lagi cari nafkah

L : Pernah gak diintimidasi sama ‘pihak’ yang memasang ranjau paku tersebut?
AR: Bukan pernah lagi, sering! Tentunya mereka2 yg memasang ranjau paku itu gak suka kalo dengan apa yang kita lakukan. Pernah suatu hari, saya lagi sweeping…eh ada yg mau dengan sengaja nabrak saya pake motor. saya tau persis dia memang salah satu anggota komplotan yang memasang ranjau paku itu.

L : keluarga keberatan dgn kegiatan ini pak? kan udah ngorbanin waktu tidur, bahkan kadang nyawa jadi taruhan dan pengguna jalan sendiri belum mengapresiasi apa yang bapak-bapak lakukan.
S : Alhamdulillah keluarga sangat mendukung dan mengerti dengan kegiatan kami ini.
AR: Soal diapresiasi atau tidak, kita juga tidak mengharapkan apa2. Yang kita lakukan ini semata2 untuk menolong orang lain….lillahi ta’ala

Terus terang gue gak nyangka di Jakarta masih ada orang2 seperti Pak Abdul Rohim, Pak Siswanto dan teman2nya yang tergabung dalam komunitas ini. Orang-orang yang masih mau peduli dengan keselamatan pengguna jalan,setelah seharian bekerja mancari nafkah, waktu istirahatnya malah dipakai untuk membersihkan ranjau paku yang diletakkan orang2 yang ingin mendapatkan uang secara instan.Belum lagi ancaman yang mereka hadapi saat melakukan tugas mulia ini

Oya, sempet juga gue tanya ke mereka, apa tanggapan dari Polantas dan Dishub tentang aksi mereka ini? ternyata belum ada kerjasama, ini masih swadaya Komunitas Saber Paku. Alat2 yang dipakai (magnet) dibeli sendiri atau didapat dari donasi masyarakat yang peduli. Semoga sih Polantas dan Dishub di masa yg akan datang bisa memberi dukungan untuk kegiatan komunitas ini, kan memang harusnya tugas pemerintah untuk menjamin keselamatan warganya di jalan raya kan?

Bukan cuma aksi mereka yang bikin gue kagum, tapi kerendahan hati mereka sungguh ‘menampar’ . Kadang kita yang (merasa) sudah melakukan sesuatu yang baik, berusaha mati2an supaya banyak orang tau apa yang sudah kita lakukan. Tapi Komunitas SABER Paku, tidak begitu. They are REAL heroes, and REAL heroes never brag πŸ™‚

Dalam semalam bisa terkumpul 34kg ranjau paku!

Advertisements

8 thoughts on “Komunitas SABER Paku

  1. denny says:

    liputan yang mengharukan … sebuah kepedulian yang “menampar” kita orang kantoran yang biasa di dalam mobil hik hik hik …

  2. Gubernur Jakarta liat acara teh Lucy ndak ya kira-kira? Btw ini seharusnya tugas dinas perhubungan atau dinas pekerjaan umum atau kepolisian atau apa sih ya?

    *ngitung kancing*

  3. Agus Yudi Murjito says:

    Salam kenal mbak.
    Saya Agus YM, Alhamdulillah setiap hari nyapu ranjau paku mulai Gerbang Harapan Indah Bekasi s/d Pulogadung. Ada beberapa relawan,
    Tolong disampaikan ke Bang Abdul Rohim & Bang Siswanto, kita ingin Gabung ke Saber untuk Wilayah Bekasi. Sejak 2009 kita masih sendiri-sendiri tidak terkoordinasi. Hanya dilindungi oleh Bp. AKP Yulianto -Kasatlantas Medan Satria.
    Kalo boleh minta alamat sekretariat Saber. No.Kontaknya-HP/telpon.
    Trimakasih
    Agus Yudi M.
    HP. 081315865955
    Telp. 021-88867406

      • Agus Yudi Murjito says:

        Trima kasih mbak.
        Alhamdulillah, sudah nyambung ke Bang Siswanto. Beliau kasih lampu hijau untuk didata relawan seperjuangan untuk wilayah Bekasi. Saya sekarang sedang kumpulkan rekan-rekan seperjuangan.Bp.AKP Yulianto juga sudah ACC.
        Insya Allah dalam waktu dekat ini akan terbentuk SABER COMMUNITY Wilayah Bekasi. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita semua…AMIEN.
        Salam SABER
        Agus YM

  4. sangat memotifasi kami sebagai komunitas yang setiap hari berkutat di belantara ibukota dengan mengendarai sepeda motor, sesaat terrbersit untuk mengajak teman2 yang lain untuk melakukan hal serupa.. semoga mereka mau peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s