profit atau benefit

Dari dulu gue selalu kagum sama perusahaan-perusahaan besar yang punya kegiatan sosial. pas kuliah dulu, memang diajarinnya gitu sih…bahwa perusahaan itu punya tanggung jawab sosial untuk masyarakat. bentuknya bisa macem2, ada yang kasih kontribusi untuk penyelamatan lingkungan, kasih beasiswa, bantuan untuk bencana alam dan segala bentuk kegiatan non profit lainnya. Memang kebanyakan yang melakukan kegiatan CSR ( Corporate Social Responsibility ) adalah perusahaan besar…ya makanya namanya CORPORATE 😀

terlepas dari adanya maksud jualan atau untuk pencitraan tapi toh, kegiatan sosial ini punya dampak yang baik untuk sebagian masyarakat. tentunya bujet yang dikeluarkan untuk kegiatan sosial ini juga sudah disisihkan dari sekian banyak keuntungan yang telah dihasilkan. tapi ya balik lagi….menurut gue tetap ada manfaat positif dari kegiatan ini.. jadi ya gak perlu dinyinyirin atau curiga melulu sih…ambil baiknya aja 🙂
( di postingan ini, gue gak membahas motif perusahaan melakukan CSR loh ya 😀 )

Kebayang gak sih, peusahaan di Indonesia ini kan banyak banget ya. mulai yang dari skala rumah tangga sampe yang skala internasional. kalo masing2 perusahaan punya kegiatan CSR dan konsisten dalam menjalaninya, dampaknya akan luar biasa loh.

waktu Holycow! berdiri, salah satu landasannya adalah mau memberikan kontribusi positif untuk masyarakat banyak. Mulai dari buka lapangan pekerjaan, yg InsyaAllah bisa meningkatkan kesejahteraan karyawan2 kita.Tapi kita juga mikir, kontribusi apa yg bisa kasih ke org banyak?

Akhirnya keluarlah ide #HolycowGivesBack , ini gerakan CSR warung kita. Awalnya kita bergerak dengan memberikan bantuan untuk korban bencana alam (Wasior, Mentawai dan Merapi). Terus kita mikir lagi…kasih kontribusi gak harus nunggu ada bencana alam dulu dong. Akhirnya kita kerjasama dengan Rumah Zakat, ada beberapa anak asuh yang kita biayai pendidikannya. Kenapa pendidikan? soalnya toh anak2 inilah yang nantinya juga akan jadi penerus bangsa kan? mereka berhak dan HARUS mendapatkan pendidikan yg layak. Sampai sekarang program in masih terus berlangsung, InsyaAllah bisa terus nambah jumlah anak asuhnya. Mohon doanya ya 🙂

Sempet ada yg bilang kegiatan #HolycowGivesBack ini aneh. Warung kecil yang belum tentu punya profit besar kok udah berani punya kegiatan sosial?
Justru itu! Kita percaya banget, dari awal usaha kita berdiri harus udah diniatin untuk bisa memberi kontribusi untuk orang lain, bukan cuma ngejar profit demi kepentingan sendiri aja. Kita yakin banget justru tanggung jawab sosial inilah salah satu faktor yang akan bikin kita terus semangat untuk berinovasi untuk memajukan usaha. Oya..satu lagi, tanggung jawab sosial ini juga menjaga kita supaya tetap melakukan usaha kita tetap dalam rel yang baik. jujur, dan tidak ‘menginjak’ pihak lain hanya demi meraih profit semata.

Jangan pernah takut berbagi dan memberi manfaat positif untuk orang lain,sedikit apapun yang kita berikan dampaknya pasti akan besar.

It’s not just about making a living, it’s making a difference.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s