Duile Ducati

Awal motogp musim 2011 mulai, semua orang mulai menebak-nebak bagaimana seorang Valentino Rossi bisa beraksi di atas tunggangan barunya : D U C A T I

Valentino Rossi dan Ducati bisa dibilang The Italian Dream Team , bayangan manis jadi juara dunia motoGP dengan paket lengkap Italia. Motor pabrikan Italia, rider kelas dunia asal Italia. Apalagi Ducati yang biasanya cenderung kaku dan tidak terbuka dengan pembaruan, kali ini beda. Valentino Rossi bahkan diijinkan untuk memboyong si opa Jeremy Burgess untuk membuat semua penyesuian yang diperlukan untuk menghadapi musim 2011 ini.

Tapi..apa yg terjadi? Tahun ini Rossi keliatan begitu berjuang, gak seperti taun-taun sebelumnya saat dia masih jadi rider Yamaha. Ducati seperti kehilangan kegarangannya. Lihat saja di awal musim, di sirkuit Losail-Qatar biasanya Ducati begitu merajai track ini…kok melempem. berbagai macam test dan modifikasi terus dilakukan sepanjang musim ini berlangsung. Mulai dari bikin GP11.1 lah, ganti chasis dari carbon fibre kembali ke semi aluminium lagi lah, dan banyak sekali percobaan2 lainnya. Yang sampai saat ini pun ternyata belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Tercatat Rossi hanya mampu 1 kali naik podium di musim ini, itupun bukan juara.

Di twitter banyak banget komentar miring soal Rossi dengan Ducati nya, rata2 bunyinya begini : Ducati payah, Rossi udah tua. yah..pokoknya gitu deh…

Gue juga awalnya bingung sih liat Rossi dan Tim Ducati seperti kehilangan akal. Berbanding terbalik dengan Tim Repsol Honda yang tampak begitu kinclong tahun ini. Dari hasil ngobrol2 sama om Joni Lono Mulia dan Matteo Guerinoni gue banyak dapet info2 menarik yang mungkin berguna juga buat kalian yg baca blog ini. Eh, tapi kalo ada yang kurang tepat, silakan dibenerin ya..atau kalo kalian mau melengkapi juga monggo πŸ™‚

Honda dari segi riset memang sangat total. Mereka pelajari gimana caranya Ducati bisa punya tenaga yang luar biasa ( yg dulu sangat terlihat saat berada di track lurus). Soal chasis, Yamaha yang paling juara, Honda pun mengulik gimana caranya motor mereka bisa belok di tikungan dengan stabil tapi saat keluar dari tikungan motornyapun tidak kehabisan tenaga. Hasilnya? Repsol Honda tahun ini performanya memang sangat baik. Satu2 nya pabrikan yang masih bisa menempel prestasi mereka ya cuma Yamaha..yang sangat beruntung punya rider yang luar biasa : Jorge Lorenzo. Ben Spies pun juga cukup bisa memberi perlawanan–>yang dilawan banyakan Simoncelli sih, cuma SuperSic kan geser tuh otaknya, jd menurut gue Spies cukup punya nyali πŸ˜€

Kenapa Ducati waktu ada Stoner baik2 aja? sebenernya enggak juga. masalah Ducati dari dulu bahkan sampai musim ini adalah di front-end . Nah, denger2 sih rider style Stoner dulu cukup membantu untuk mengatasi masalah ini. Belum lagi, dulu sebelum masuk ke era single tyre supplier , Ducati bisa meng-costumize sendiri ban yang sesuai dengan karakteristik motor mereka. Sekarang? era single tyre supplier ? PR banget buat Ducati.

Kalo kalian perhatiin pas race, keliatan banget kok..Ducati ini manuvernya susah banget. kaya gak bisa belok gitu. ditambah lagi dengan dimensi motor Ducati yang kalo gak salah lebih bongsor dibanding dengan motor2 desain Jepang seperti Yamaha atau Honda.

Jadi untuk para Rossifumi di luar sana, memang sih jagoan kita ini udah gak muda lagi…tapi gue yakin banget faktor U bukan masalah utama. soal skill? rasanya kalo udah bisa juara dunia 9 kali sih, skill gak perlu dipertanyakan yak πŸ™‚
PR Ducati memang masih banyak banget, tantangan besar bagi Rossi dan Ducati untuk bisa mewujudkan impian jadi juara dunia motoGP.

untuk musim ini, jelas Ducati gak akan berbuat banyak. sisa seri yang ada akan digunakan untuk melakukan test2 lagi untuk menghadapi musim 2012. mudah2an sih Ducati akan kembali kompetitif, supaya race motoGP juga bisa jadi lebih atraktif dan……bisa liat Valentino Rossi lagi di puncak podium!

20111005-160521.jpg

Advertisements

5 thoughts on “Duile Ducati

  1. rossi says:

    Ahhiiyyyy… Keren mba’e! Salah satu host fav aku kebetulan juga nge fans The doctor jd makin ga bs ninggalin motogp! Apalagi kalo komentator nya italiano matteo :p cucok!
    Eaaaa, ini harusnya backsoundnya “pi el ai wai bi o wai bi o wai” πŸ˜€

  2. Claudius46 says:

    No doubt about it.
    The 9 times World Champion as all of you have said is over, will be back soon.
    Keep talking, about anything to the doctor, and enjoy the time today that ur idol is on top.
    But later on, when the doctor find his mojo on decent bike, don’t be too surprised.
    Cause all the shame will be on you.
    We still believe in Vale.

  3. Ducati peninggalan Stoner memang jelek ya, Rossi dan opa Jeremy sepertinya harus kerja keras untuk membuat Ducati bisa bersaing dengan Honda.

    Ayo Rossi, kamu belum habis..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s