Indonesia Berkebun

Sebetulnya gue udah cukup sering liat akun @IDBerkebun seliweran di twitter. Tapi gue gak terlalu tau detail soal Indonesia Berkebun. Sampai akhirnya ketemuan sama Shafiq dan Sigit di Pagi Jakarta,O Channel. Akhirnya dari situ gue tau, misi teman2 di Indonesia Berkebun itu keren banget! Ide awal dari mas Ridwan Kamil. Tujuannya sih sederhana aja, ingin membuat Jakarta menjadi lebih hijau. Caranya gimana? ya berkebun! aneh ya..denger orang Jakarta berkebun 😀

Indonesia Berkebun memanfaatkan sejumlah lahan tidur yang ada di Jakarta. Biar gak salah pengertian, maksudnya lahan tidur di sini adalah lahan kosong (yang memang jumlahnya banyak di Jakarta) dimanfaatkan sementara waktu untuk dijadikan lahan produktif. Tentunya sebelum lahan tidur itu digunakan untuk berkebun, teman2 Indonesia Berkebun minta ijin dulu sama si pemilik tanah dan warga sekitar. jadi gak main asal tanem aja loh 🙂

Yang ditanem macem2, mulai dari kangkung, bayam sampe buncis. Lucunya, yang tergabung dalam Indonesia Berkebun ini gak semuanya ahli berkebun. Jadi ya bercocok tanamnya banyak yang trial and error.Malah awalnya banyak error nya, karena gagal panen. Tapi hebatnya mereka ‘ngulik’ sendiri gimana cara berkebun yang benar. Hebat ya!

Terus hasilnya diapain dong? katanya sih tergantung sama lokasi masing2, karena pada dasarnya ini bukan bisnis jadi ya orientasinya bukan pada penjualan. Kadang2 hasil panennya bisa dibagiin aja ke masyarakat sekitar.

Tertarik dengan kegiatan positif yang dilakukan teman2 Indonesia Berkebun, gue jadi punya ide buat memanfaatkan hasil kebun dari Indonesia Berkebun. gimana kalo Holycow! pake sayuran hasil kebun mereka? Alhamdulillah, Indonesia Berkebun menyambut baik ide ini. Akhirnya, sampe sekarang sebagian sayuran yang digunakan di Holycow! itu adalah hasil dari Indonesia Berkebun. Gak tanggung2, Indonesia Berkebun mensupply bayam organik loh.

Apa yang dilakukan sama Indonesia Berkebun ini adalah sesuatu yang positif banget, sekaligus produktif. gue percaya banget, sesuatu yang positif harus diberi dukungan dan kesempatan untuk terus maju.

Moga2 sih setelah Holycow! akan ada juga pengusaha2 kuliner lainnya yang memanfaatkan hasil kebun orang kota, Indonesia Berkebun.

Oya,bahkan Indonesia Berkebun ini mendapatkan penghargaan dari Google Inc. loh! Web Heroes! Bangga banget Holycow! bisa kerjasama sama Indonesia Berkebun.aslik!
Kalo kalian pengen ikutan berkebun juga, bisa follow @IDBerkebun atau buka web mereka : indonesia berkebun

Cangkul terus..Indonesia Berkebun 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s